Semoga pada saat ketemu Bapak Presiden tanggal 17 Agustus nanti mereka tambah semangat,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berharap pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dapat menyuntik semangat para pemain tim nasional U-16 Indonesia yang baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Menpora mengutarakan bahwa pertemuan tersebut menjadi bagian dari aspirasi para pemain Timnas U-16 dan kemungkinan dilakukan setelah mereka menghadiri upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

"Semoga pada saat ketemu Bapak Presiden tanggal 17 Agustus nanti mereka tambah semangat," kata Menpora kepada wartawan seusai mengikuti upacara pengukuhan 68 anggota pasukan pengibar bendera pusaka HUT RI ke-77 di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Baca juga: Timnas U-16 akan turut hadiri upacara HUT RI di Istana Merdeka

Secara khusus Menpora melontarkan pujian kepada Muhammad Iqbal Gwijangge dkk. atas keberhasilan mereka menjuarai Piala AFF U-16 2022.

"Terus terang ini harapan kita ke depan. Luar biasa anak-anak ini, ngototnya, kekompakannya, tekniknya mulai kelihatan," ujar dia menambahkan.

Kendati demikian, Menpora mengingatkan bahwa skuad besutan Bima Sakti itu sebaiknya tidak diberi beban yang muluk-muluk sembari mengharapkan perkembangan mereka tetap terjaga untuk terus berprestasi.

"Mudah-mudahan mereka akan terjaga, belum terganggu dengan berbagai hal yang akhirnya membuat mereka menurun prestasi," katanya.

Kehadiran sebagai peserta upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pertemun dengan Presiden Jokowi tentu bisa menambah motivasi para pemain Timnas U-16.

Baca juga: PSSI isyaratkan Bima Sakti tetap latih timnas U-16

Pasalnya, selepas menjuarai Piala AFF U-16, skuad berjuluk Garuda Asia itu harus segera bersiap untuk memperebutkan tiket putaran final Piala Asia U-17 2023.

Iqbal Gwijangge dkk. bakal tampil dalam Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sebagai tuan rumah menghadapi Guam, Malaysia, Palestina, dan Uni Emirat Arab pada 1-9 Oktober mendatang.

Selain meraih gelar juara dengan mengalahkan Vietnam 1-0 dalam partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, pada Jumat (12/8), sang kapten Iqbal Gwijangge juga didapuk penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2022.

Baca juga: PSSI pertimbangkan gelar TC timnas U-16 di luar negeri
Baca juga: Pemerintah-PSSI proyeksikan timnas U-16 untuk SEA Games 2025-2027
Baca juga: Indonesia fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-17 seusai juarai AFF U-16

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022