Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mengikuti Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan pembagian bendera dalam gerakan nasional tersebut ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat di daerahnya.

“Gerakan pembagian sepuluh juta bendera merah putih ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat,” ujarnya di halaman Kantor Setda Tapin, Senin.

Arifin mengajak seluruh masyarakat untuk menyemarakkan HUT RI ke 77 ini dengan kegiatan positif, yang bisa menciptakan rasa cinta terhadap tanah air.

Baca juga: TNI AL kibarkan bendera Merah Putih di bawah laut peringati HUT RI

Baca juga: Probolinggo kibarkan bendera raksasa di Bromo jelang HUT RI


"Ada 2 ribu bendera kecil dan 720 lembar bendera besar ukuran 90 x 120 cm yang kita bagikan kepada masyarakat," ujarnya.

Dandim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang menambahkan bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu yang selama bulan kemerdekaan dikibarkan di seluruh penjuru negeri.

“Dengan berkibarnya bendera merah putih, diharapkan semangat persatuan dan kesatuan serta rasa cinta tanah air akan terus tumbuh,” katanya.

Pembagian bendera ke seluruh masyarakat itu, diwakili oleh pihak kecamatan. Kata Andi, untuk mempercepat pembagian akan dibantu oleh Babinsa di jajaran Kodim 1010 Tapin.*

Baca juga: Pemkot Makassar siapkan 77 bendera Merah Putih di Anjungan Losari

Baca juga: Jakarta Barat bagikan 10.000 bendera merah putih ke warga

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022