Jakarta (ANTARA) - Bulan Agustus menjadi bulan istimewa bagi rakyat Indonesia karena merayakan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. 

Selain mengikuti perlombaan 17 Agustus, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan. Anda bisa menginap di hotel, jalan-jalan naik kereta api, atau menghabiskan waktu dengan healing sejenak bersama keluarga dan orang terdekat.

Simak tujuh rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan dalam merayakan Ulang Tahun Republik Indonesia dikutip dari siaran pers Traveloka, Senin:

1. Melepas penat di kebun binatang dan taman rekreasi
Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan anak adalah kebun binatang. Sambil jalan-jalan, si kecil bisa mempelajari aneka ragam satwa sekaligus menikmati suasana baru.

​​​​Baca juga: Rekomendasi wisata libur sekolah versi Sandiaga Uno

2. Road trip ke kota-kota terdekat
Ide lainnya untuk merayakan HUT Ke-77 Republik Indonesia adalah dengan road trip bersama kerabat. Jelajahi kota-kota terdekat dengan layanan car rental.

Jika mencari suasana baru, kereta api bisa jadi pilihan untuk menikmati pemandangan unik lintas kota. Saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, tiga destinasi domestik yang bisa dijangkau dengan transportasi darat dan diminati oleh pengguna Traveloka adalah Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

3. Menikmati suasana baru dengan staycation
Staycation menjadi kegiatan yang paling digemari pengguna Traveloka saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, khususnya bersama keluarga di dalam kota.

Staycation pun tidak perlu jauh-jauh, menginap di akomodasi yang ada di kota-kota terdekat untuk menikmati suasana baru selain di rumah. Hotel, vila, apartemen, dan resort merupakan produk yang paling diminati oleh pengguna Traveloka periode Agustus 2022.

Buat rencana menginap menjadi semakin nyaman dan hemat dengan Promo Duar Duar Merdeka. Ada diskon Hotel dan Holiday Stays sampai 70 persen, ditambah kupon diskon sebesar Rp770.000 untuk periode 9-17 Agustus 2022.

4. Menyantap hidangan favorit khas Indonesia
Bakso merupakan salah satu comfort food yang digemari orang Indonesia. Menurut Traveloka, bakso ayam menjadi menu yang paling dicari selama Hari Kemerdekaan Indonesia, selain Bakmi Ayam dan Bebek Goreng.

Sambil menikmati sajian gurih yang biasanya berkuah ini, kamu juga bisa membantu UMKM di Indonesia dengan menggunakan Traveloka Eats.Terdapat promo kemerdekaan yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Bali, dan Surabaya, dengan total 68,000 outlets atau 37,000 brands, di mana terdapat 147 brand UMKM yang akan memberi diskon tambahan hingga 35 persen.

5. Me time dengan spa atau refleksi
Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia juga bisa dengan bersantai sendirian. Setelah menjalani rutinitas, luangkan waktu untuk “merdeka” dari kesibukan sehari-hari dengan merawat diri, dari melakukan spa, refleksi, hingga perawatan lainnya. Dengan menggunakan Traveloka Xperience, dapatkan promo kupon diskon untuk me time di salon atau spa terdekat hingga Rp170,000, untuk periode 9-17 Agustus 2022.

6. Napak tilas ke museum
Memperingati HUT Ke-77 RI belum lengkap jika tidak mengunjungi museum. Tambah wawasan soal sejarah Indonesia melalui aneka diorama dan barang-barang bernilai sejarah lainnya yang ada di tempat itu.

7. Mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung
Mendaki gunung telah dikenal sebagai aktivitas yang menjadi pilihan para penikmat petualangan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Bersama para pendaki lainnya, kibarkan bendera merah putih di puncak dan merayakan kebersamaan.

Sebelum perjalanan, siapkan fisik dan selalu mencari tahu informasi terbaru soal ketentuan pendakian gunung yang dituju.

Baca juga: FWD Insurance - Traveloka bermitra berikan perlindungan para petualang

Baca juga: Inovasi baru Traveloka fokus pada "Human Technology"

Baca juga: Program MITRA 5.0 Traveloka telah latih 60 pengajar di fase pertama

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022