Tanggal 17 Agustus dia sampai sini
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong dijadwalkan tiba di Indonesia pada 17 Agustus mendatang setelah menghabiskan masa cutinya di Korea Selatan.

"Tanggal 17 Agustus dia sampai sini. Liburnya ngapain saja ya tanya Shin Tae-yong saja," ungkap Ketua PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Senin.

Shin pulang ke kampung halamannya setelah pelaksanaan Piala AFF U-19 2022 ketika Indonesia gagal melangkah ke semifinal, Juli lalu.

Baca juga: Kemenpora-PSSI putar otak jaga pembinaan pemain Timnas U-16

Namun Iriawan memastikan Shin akan kembali ke Tanah Air tepat pada perayaan HUT ke-77 RI untuk melakukan persiapan timnas menghadapi sederet agenda, seperti FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 14-18 September di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur. Indonesia tergabung ke dalam Grup F bersama Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Total ada 44 negara yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang dibagi ke dalam 10 grup. Nantinya, semua juara grup dan lima tim runner-up berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Baca juga: Elite Pro Academy resmi dimulai untuk jaring talenta timnas

Timnas senior Indonesia juga dijadwalkan menjalani FIFA Matchday pada September nanti untuk menjamu tim peringkat ke-84 FIFA, Curacao. Laga persahabatan itu dilaksanakan sebagai upaya PSSI untuk mendongkrak posisi Indonesia pada peringkat FIFA.

Adapun Merah Putih saat ini berada di posisi ke-155 dunia, di bawah negara-negara ASEAN, seperti Vietnam (91), Thailand (111), Filipina (134) dan Malaysia (147).

"Terakhir kami sudah ada komunikasi meskipun di sana vaksin COVID-19 tidak seperti kita. Tapi akan kami diskusikan. Saya berharap tidak ada hambatan karena Curacao adalah tim dengan ranking bagus. Saya ingin anak-anak memiliki lawan tanding yang tangguh sehingga kami bisa melihat kekurangannya apa, pengalamannya gimana," tutur Iriawan.

"Mainnya di mana, nanti kita tunggu."

Baca juga: PSSI pertimbangkan gelar TC timnas U-16 di luar negeri

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022