Alhamdulillah hari ini kita kembali menandatangani kerja sama terkait perlindungan BPJAMSOSTEK kepada siswa magang dari SMK 1 Al Mubarkeya Kabupaten Aceh Besar
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Cabang Banda Aceh berharap seluruh sekolah dalam wilayah kerjanya terdaftar dalam program perlindungan BPJAMSOSTEK.

“Alhamdulillah hari ini kita kembali menandatangani kerja sama terkait perlindungan BPJAMSOSTEK kepada siswa magang dari SMK 1 Al Mubarkeya Kabupaten Aceh Besar,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS TK Banda Aceh Syarifah Wan Fatimah di Banda Aceh, Senin.

Di sela-sela penandatanganan MoU antara BPJS TK dengan SMK Negeri 1 Al Mubarkaya Kabupaten Aceh Besar di kantor BPJAMSOSTEK Banda Aceh, ia menjelaskan pihaknya telah melakukan penandatangan kerja sama dengan sejumlah sekolah yakni SMK 2 Banda Aceh dan SMK 1 Banda Aceh, SMTI dan SMK Al Mubarkaya.

Ia mengatakan sekolah SMK 1 Al Mubarkaya mendaftarkan siswanya dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran mulai dari Rp16.800.

Menurut dia pemberian perlindungan kepada siswa magang sesuai dengan Permenaker Nomor 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua serta implementasi Pergub Aceh nomor 11 tahun 2022 yang mewajibkan perlindungan bagi peserta magang dan PKL.

Ia menambahkan bagi sekolah yang akan mendaftarkan siswanya cukup melengkapi identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga bagi yang belum memiliki KTP dan selanjutnya membayar iuran.

Kepala SMK 1 Al Mubarkaya, Sukmanil Fuadi mengatakan dalam kerja sama tersebut pihaknya mendaftarkan sebanyak 210 siswa yang akan mengikut program pemagangan di kantor dan tempat lainnya.

Adapun 210 siswa yang terdaftar dalam program perlindungan BPJAMSOSTEK itu tersebar dalam delapan kompetensi keahlian.

Baca juga: BPJAMSOSTEK susun skema perlindungan bagi penerima KUR di Aceh

Baca juga: BPJAMSOSTEK tekankan pentingnya jaminan sosial bagi pekerja di Aceh

Baca juga: Menaker apresiasi BPJS Ketenagakerjaan berikan layanan syariah di Aceh

Baca juga: Peserta aktif non-ASN BPJAMSOSTEK Lhokseumawe capai 24.737 orang


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022