Biak (ANTARA) - Sekitar 3.500 warga Kabupaten Biak Numfor, Papua mengikuti parade budaya masyarakat Nusantara dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di daerah itu, Senin.

Peserta parade budaya Nusantara 2022 dari berbagai suku di Indonesia menggunakan atribut pakaian tradisional dan budaya daerah.

Beberapa masyarakat adat, seperti suku Bugis Makassar, Kawanua Manado, Bali, Batak, Toraja, Flobamora NTT, Papua, Ambon Maluku, Ternate, Jawa Timur dan Pawajaba menyatu dalam keberagaman di kegiatan itu.

Ketua Panitia HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Kabupaten Biak Mahasunu mengakui parade budaya Nusantara meriah karena diikuti semua suku di Indonesia.

Baca juga: Kapolda Papua sebut TNI-Polri di daerah rawan siaga jelang HUT RI

Beberapa warga mengaku senang menonton parade budaya Nusantara karena bisa melihat banyak pakaian adat daerah.

"Ajang parade budaya Nusantara beragam baju tradisional daerah di Indonesia bisa dipertunjukkan,"ujar Agustinus, warga Biak.

Bupati Herry Ario Naap bersama Wakil Bupati Calvin Mansnembra ikut menyaksikan parade budaya masyarakat Nusantara dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di daerah itu.

Parade dimulai dari depan kantor Klasis GKI Biak Selatan, Jalan Imam Bonjol, Jln Sisingamangaraja, dan berakhir di hanggar Cenderawasih Lanud Manuhua. Acara berlangsung lancar dan kondusif hingga selesai.

Baca juga: Wali Kota Sorong kukuhkan 45 anggota paskibra untuk tugas HUT RI
Baca juga: Nakes Siak diundang ikuti Upacara HUT RI di Istana Negara
Baca juga: Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih di Tapin kuatkan nasionalisme

Pewarta: Muhsidin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022