Banjarmasin (ANTARA) - Karya seniman lukis ternama nasional asal Yogyakarta Djoko Pekik bertema "Senam" ikut dipajang pada Pameran Seni Lukis tingkat Nasional di Taman Budaya Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin.

Pameran seni lukis nasional berjudul "Bias Borneo" dari 16--21 Agustus 2022 yang resmi dibuka Selasa hari ini diikuti 100 karya seni dari pelukis berbagai provinsi.

Tidak hanya Djoko Pekik, namun juga karya pelukis Ahmad Muzayin dari Semarang, Agus Winarto dari Purbalingga, Arianto dari Surabaya, Kadek Satria dari Denpasar, Heri Kiswanto dari Sulawesi Utara, Asti Ebhi Evolisa dari NTB.

Selanjutnya ada pula karya pelukis senior Kalsel Misbach Tambrin, Nanang M Yus dan juga seniman dari kabupaten/kota di Kalsel serta beberapa seniman lukis dari Kalimantan Tengah.

Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti menyatakan apresiasi atas partisipasi para seniman lukis nasional yang mengikuti pameran seni lukis ini.

Baca juga: 26 lukisan Nanang M Yus dari masa ke masa dipamerkan tunggal

Baca juga: Taman Budaya Kalsel gelar pameran seni "Semarak topeng 71" dan HUT RI


Menurut dia, pameran seni lukis bertingkat nasional ini sebagai bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalsel dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Dinyatakan dia, antusias pengunjung cukup banyak pada pembukaan pameran ini, apalagi banyak karya seni lukis dari seniman nasional yang sudah ternama, salah satunya Djoko Pekik.

Suharyanti berharap dengan digelarnya pameran ini makin menghidupkan kembali seni lukis di Kalsel.

Sebab, kata dia, banyak seniman lukis di provinsi ini, terbukti dengan setiap pelukis di kabupaten/kota ikut kegiatan ini, yang bertalenta sudah luar biasa dan berkualitas nasional.

Taman Budaya Kalsel, ujarnya, terus berupaya melakukan pembinaan dan pelestarian semua cabang seni, termasuk seni lukis.

"Ini merupakan event andalan kita tahun ini, selain itu banyak lagi pentas seni yang kita tampilkan," ucapnya.

Baca juga: Taman Budaya Kalsel berupaya angkat kesenian Damarwulan

Baca juga: Taman Budaya Kalsel gelar konser peluncuran 12 lagu Banjar

 
Karya Djoko Pekik dan seniman lainnya di pameran seni lukis nasional di Taman Budaya Kalsel pada 16--21 Agustus 2022, Selasa (16/8/2022). Antara/Sukarli

Pewarta: Sukarli
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022