Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, menyebut kepercayaan internasional yang meningkat tajam menjadi salah satu kekuatan dalam membangun Indonesia.

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam," kata Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Selain kepercayaan internasional, Jokowi juga menyebut tiga kekuatan lain dalam membangun Indonesia, yakni kemampuan mengelola pandemi, sumber daya alam melimpah serta bonus demografi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pembangunan IKN harus terus dijaga agar berlanjut

Terkait kepercayaan internasional ia menyampaikan Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Indonesia juga diterima negara-negara besar, walaupun geopolitik sedang panas.

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global, baik krisis pangan, energi maupun keuangan," jelas Jokowi.

Dia mengatakan tahun 2022 Indonesia menjadi Presiden G20, yang merupakan organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia.

Sedangkan tahun depan, Indonesia juga menjadi Ketua negara-negara ASEAN.

Baca juga: Jokowi kenakan baju adat Babel motif pucuk rebung lambangkan kerukunan

"Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama-kerja sama internasional," ujarnya.

Lebih jauh dia menuturkan, kepercayaan besar dari masyarakat internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri, di mana reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus dilakukan.

"Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus kita perbaiki. Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri juga terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana saat ini 52 persennya sudah berada di luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri sidang tahunan MPR tahun 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022