Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyatakan tema Peringatan HUT Ke-77 RI "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" menjadi momentum untuk segera kembali melanjutkan pembangunan nasional.

"Menjadi momentum bagi kita dalam mengambil tekad dan upaya untuk segera kembali melanjutkan pembangunan nasional untuk kemajuan Indonesia," kata Puan saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan MPR RI, DPR RI dan DPD RI sesuai dengan kewenangan konstitusionalnya akan terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk percepatan pemulihan kondisi di semua sektor kehidupan.

"Sebagai anak bangsa, kita semua siap 'cancut taliwondo', menyingsingkan lengan baju agar kita segera pulih dan bangkit untuk menjemput impian kolektif kita sebagai bangsa yakni negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," kata Puan.

Selama 77 tahun, kata dia, telah banyak berbagai perkembangan dan kemajuan baik dari sisi tata negara, sistem demokrasi, sistem pemerintahan, kehidupan dan penghidupan rakyat telah banyak capaian dan prestasi anak bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

Kendati demikian, ia juga mengingatkan masih terdapat berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam menyusun dan membangun negara Indonesia.

Hal tersebut membutuhkan kerja bersama untuk terus menyempurnakannya. Menurutnya, ketidaksempurnaan dalam membangun negara, bukan menjadi alasan untuk memusuhi negara dan mencaci maki negara.

"Jangan lah kita selalu mengutuk kegelapan tetapi marilah kita mulai hidupkan lilin penerang yang dapat memberikan cahaya sekecil apapun itu sehingga dapat memberikan ruang gerak dan keleluasaan dalam bekerja dan membangun bangsa," kata Puan.

Ia juga mengutip pernyataan dari Presiden pertama RI Soekarno yang tegas menyatakan kemerdekaan nasional adalah jembatan emas. Jembatan emas menuju Indonesia adil makmur, dan sejahtera.

"Bangsa dan negara kita memiliki gagasan untuk merdeka, memiliki jiwa rakyat untuk bersatu, memiliki wilayah zamrud khatulistiwa yang kaya raya, memiliki kekayaan budaya bangsa," kata dia.

"Mari lah kita bersama-sama, kerja bersama, bergotong royong, mengisi ruang-ruang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mensejahterakan rakyat, memajukan kehidupan bangsa, dan membangun kebudayaan nasional. semangat bersama dan bersatu untuk memajukan Indonesia Raya yang sejati-sejatinya," ucap Puan lagi.

Baca juga: Ketua DPR: Perlu beri perhatian pada generasi muda

Baca juga: Puan sampaikan pentingnya kekuatan nasional hadapi tantangan dunia

Baca juga: Ketua DPR: Politik pembangunan diperlukan capai tujuan nasional

Baca juga: Ketua DPR ingatkan waspadai transisi pandemi menuju endemi


 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022