Tokyo (ANTARA) - Sejumlah anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) menggelar berbagai lomba untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus 2022, serta untuk mempererat tali persatuan.

“Tujuan kami pertama adalah merayakan 17-an, kedua memanfaatkan momentumnya kalau kita masih Bangsa Indonesia dan mempererat tali silaturahmi,” kata Ketua PPI Osaka-Nara Karina Sujatmiko saat dihubungi di Tokyo, Selasa.

Karina menyebutkan lomba yang diadakan, salah satunya adalah e-sport Mobile Legend.

“Kami mengadakan lomba live streaming e-sport Mobile Legend selama kurang lebih satu bulan dari pendaftaran sampai terakhir hari Minggu, 14 Agustus kemarin,” katanya.

Karina mengatakan e-sport dipilih karena bisa diadakan secara daring guna mencegah penyebaran kasus COVID-19, yang saat ini kembali meningkat di wilayah Osaka dan Nara.

Selain itu, dia menambahkan bahwa melalui platform online lomba bisa diikuti oleh peserta di seluruh Jepang, tidak hanya di Osaka dan Nara.

“Ada 16 tim yang ikut serta tidak hanya pelajar saja, ada pekerja juga, dan WNI di Jepang yang memenuhi syarat,” katanya.

Lomba e-sport merupakan rangkaian kegiatan PPI Osaka-Nara yang bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI Osaka), di samping webinar terkait transformasi digital dan Gowes serta Pesta Rakyat.

WNI mengikuti lomba balap karung yang digelar PPI Hiroshima. (PPI Hiroshima)
Namun, kegiatan Gowes dan Pesta Rakyat dibatalkan untuk mencegah infeksi COVID-19 yang sedang naik di wilayah tersebut.

PPI Okayama juga menggelar berbagai perlombaan, di antaranya lomba makan kerupuk, balap kelereng, joget balon, dan balap karung yang diikuti oleh 20-30 peserta.

Ketua PPI Okayama Febby Tanli Sudiono mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, termasuk mengecek suhu badan, memakai masker, dan mengadakan kegiatan di ruang terbuka.

“Harapannya, bisa mempererat tali silaturahmi dan ramah-tamah antarpelajar Indonesia, khususnya di Okayama, Jepang dan juga agar tidak melupakan tradisi acara lomba Kemerdekaan RI bagi pelajar Indonesia di Okayama-Jepang,” katanya.

WNI berfoto usai mengikuti lomba-lomba yang digelar PPI Hiroshima dalam rangka HUT ke-77 RI. (PPI Hiroshima)
Selain itu, Ketua PPI Hiroshima Fikry Purwa Lugina menuturkan lomba-lomba 17-an menerupakan momentum persatuan para pelajar atau WNI umumnya yang ada di Jepang.

“Untuk menjalin silaturahmi di tengah hiruk-pikuk kehidupan mahasiswa dan pekerja dan agar dapat berkumpul dengan sesama orang Indonesia. Ini momentum persatuan bagi teman-teman yang memiliki motif yang sama ingin bertemu setelah dua tahun vakum,” katanya.

Lomba-lomba yang diadakan di antaranya adalah balap karung, balap kelereng, joget balon, serta tali bakiak dan diikuti sekitar 80 orang.

Fikry mengatakan kegiatan dilakukan di lapangan terbuka yang luas dan dengan mematuhi protokol kesehatan.


Baca juga: Presiden AS Joe Biden ucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Jokowi

Baca juga: Wisata bersepeda salah satu yang digemari jelang libur HUT RI

 

WNI di Kuala Lumpur ikuti berbagai lomba jelang HUT ke-77 RI

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022