butuh divalidasi ahli agar tidak menjadi berlarut-larut
Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 sejak hampir tiga tahun lalu tak dipungkiri awalnya memunculkan rasa cemas, khawatir hingga meningkatkan kadar stres pada sebagian orang-orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, pada tahun pertama pandemi, prevalensi global kecemasan dan bahkan depresi meningkat masif 25 persen.

Ini terkait isolasi sosial yang menyebabkan orang-orang terkendala melakukan kegiatan sehari-harinya dan mencari dukungan dari pihak tercinta.

Kesepian, ketakutan terkena infeksi, kematian orang yang dicintai dan kekhawatiran pada masalah keuangan juga menjadi pemicu stres yang mengarah pada kecemasan dan depresi. Di antara petugas kesehatan, kelelahan memicu pemikiran bunuh diri.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Sali Rahadi Asih mengatakan munculnya sederet masalah ini karena masyarakat awalnya tidak tahu cara menghadapi COVID-19. Tubuh mereka juga belum membentuk imunitas melawan penyakit akibat infeksi SARS-CoV-2 itu. Belum lagi, berita-berita kematian di berbagai media turut menambah stres.

Mereka yang stres dan cemas lalu terganggu pola tidurnya. Untuk bisa tidur, orang harus berada dalam kondisi tenang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menciptakan kondisi tenang salah satunya membuat kamar nyaman. Tetapi, rasa cemas dan stres menghancurkan segala upaya untuk bisa tidur.

Tak adanya batas atau boundary management saat bekerja dari rumah (work from home atau WFH) turut menjadi penyebab masalah tidur bagi sebagian orang. Sebelum pandemi, orang-orang memiliki batas-batas jelas antara kehidupan personal dan profesional.

Perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya sedikit banyak berperan sebagai batas ini. Selama perjalanan ke kantor, orang-orang bersiap dengan kondisi bekerja sehingga meninggalkan urusan di rumah sementara waktu. Begitu juga saat kembali ke rumah. Orang-orang bersiap menghadapi kondisi rumah dan menyimpan urusan pekerjaan.

Jam kerja juga berlaku secara jelas. Tetapi saat pandemi, pekerjaan atau rapat yang dapat dikerjakan secara daring dapat berlangsung sampai malam hari. Ini membuat tubuh selalu dalam kondisi siaga.

Ini membuat semuanya campur aduk dan membuat orang-orang selalu on dan sulit tidur. Kemudian bagi mereka yang sudah memiliki kepribadian pencemas, tidurnya menjadi lebih bermasalah, kata Sali.

Masalah tidur terus menerus atau insomnia terbagi menjadi beberapa tipe yakni sulit tidur, terus bangun di malam hari dan bangun terlalu pagi. Biasanya masalah dimulai dari sulit tidur lalu semakin lama berkembang ke tipe lain.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara sekaligus psikoterapis Sandi Kartasasmita sependapat dengan Sali. Dia menyoroti pimpinan-pimpinan yang memberikan pekerjaan pada pegawainya tanpa mengenal jam kerja. Ini menyebabkan masalah fisik dan mental dialami para pegawai, salah satunya berujung pada insomnia.

Pakar kesehatan yang berfokus pada perilaku tidur Michelle Drerup bahkan menyebut insomnia yang dialami orang-orang selama pandemi sebagai coronasomnia, atau covidsomnia. Ini merujuk pada masalah tidur terkait stres akibat pandemi COVID-19.

Dia menuturkan, stres berdampak pada setiap area kehidupan orang dan ini akan memengaruhi tidurnya. Kondisi ini diperparah oleh pandemi COVID-19.

Sebuah studi di Inggris pada tahun lalu, seperti dikutip dari Cleveland Clinic menunjukkan, jumlah orang dengan insomnia meningkat dari semula satu dari enam orang menjadi satu orang setiap empat orang.

Menurut sebuah penelitian dalam American Academy of Sleep Medicine, ada 2,77 juta pencarian Google untuk “insomnia” di Amerika Serikat selama lima bulan pertama tahun 2020. Angka ini meningkat 58 persen dibandingkan durasi yang sama dalam tiga tahun sebelumnya.

Senada dengan Sali, menurut Drerup, peningkatan gangguan tidur disebabkan oleh meningkatnya stres dan kecemasan akibat pandemi, termasuk dampak ketidakpastian dan rentetan informasi. Rutinitas normal terganggu dan ini kemungkinan berdampak negatif pada tidur kebanyakan orang.

Dampak lanjutannya, masalah pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi kurang tidur kronis, cenderung menurunkan kekebalan dan membuat penderitanya lebih rentan terhadap virus. Kurang tidur juga berdampak negatif pada regulasi emosi dan suasana hati.

Baca juga: Saran psikolog atasi cemas di tengah pelonggaran pemakaian masker

Baca juga: Karyawan baru di masa pandemi kerap alami cemas, apa sebabnya?


Sisa kecemasan

Setelah hampir tiga tahun berlangsung, pandemi COVID-19 masih menyisakan kecemasan bagi sebagian orang. Namun, trennya turun seiring angka kasus yang juga turun, menurut psikolog klinis dari Ikatan Psikolog Klinis wilayah Banten Mega Tala Harimukthi, berkaca pada data sesi konseling miliknya.

Cemas ini lebih banyak terkait bagaimana regulasi diri selama ini dan kemampuan orang-orang menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di masa pandemi.

Mega Tala mencatat, sebagian kliennya kelelahan lantaran harus kembali bekerja dari kantor (work from office atau WFO), sementara dua tahun terakhir mereka menjalani WFH. WFO justru membuat mereka lelah secara fisik dan mental lelah karena harus berinteraksi kembali dengan orang lain.

Pandemi membuat orang-orang ini dapat menikmati masa-masa sendiri, padahal sebelumnya mereka senang berkumpul dengan teman-teman mereka. Tetapi, saat kesempatan berkumpul kembali terbuka, mereka justru merasa aneh dan kehilangan energi.

Menurut Mega Tala, fenomena ini unik. Masalah kesehatan mental yang orang-orang alami saat ini terkait dengan kepribadian dan karakteristik individu karena adanya perubahan situasi.

Sementara kebanyakan mereka yang sudah bisa mengatasi masalahnya, sudah berproses menerima dan berdamai dengan kondisi pandemi beserta aturan-aturannya.

Walau memang, tak semua orang patuh menerapkan protokol kesehatan. Hasil survei perilaku masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dari Badan Pusat Statistik pada 16 Februari-25 Februari 2022 yang melibatkan 254.817 orang responden di Jawa-Bali (66,71 persen) dan Luar Jawa-Bali (33,29 persen) menunjukkan tingkat kepatuhan responden khusus di luar Jawa-Bali terutama protokol menjaga jarak dan mengurangi mobilitas di bawah 65 persen, sementara di Jawa-Bali tercatat cukup baik.

Survei ini menggunakan rancangan rancangan nonprobability sampling yang disebarkan secara berantai (snowball). Data memperlihatkan, masih cukup banyak responden di Luar Jawa-Bali yang belum patuh dalam menghindari kerumunan (34 persen),menjaga jarak minimal 2 meter (36 persen), dan mengurangi mobilitas (36 persen).

Pada mereka yang patuh protokol kesehatan, secara umum tingkat, sebagian besar motivasinya karena kesadaran pribadi (91,6 persen) diikuti motivasi menaati peraturan (6,3 persen). Namun, masih ada sebagian kecil yakni 0,5 persen responden yang tidak peduli atau tidak percaya dengan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: "Toxic parenting" bisa bikin anak alami kecemasan & tidak percaya diri

Baca juga: Hati-hati, orang dengan kecemasan berisiko terkena penyakit kronis


Solusi pakar

Mega Tala mengingatkan orang-orang yang masih merasa stres, cemas, takut, tidak nyaman dengan kondisi pandemi dan terpengaruh kondisi kesehatan mentalnya (pikiran, emosi, perilaku, menjadi tidak produktif dan lainnya) tak melakukan diagnosa sendiri atau self diagonose. Dia menyarankan mereka berkonsultasi ke psikolog ataupun psikiater.

“Karena semua yang dirasakan diri kita itu valid dan butuh divalidasi ahli agar tidak menjadi berlarut-larut dan berkepanjangan. Lebih baik mencegah daripada semakin parah baru berusaha mencari pengobatan,” ujar dia.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama juga mengingatkan orang-orang menjaga kesehatan mental melalui kegiatan yang menunjang kesehatan fisik. Kegiatan ini antara lain melakukan aktivitas fisik rutin, konsumsi makanan sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Direktur Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI itu mengatakan, merujuk WHO, orang sehat secara mental berarti dapat menangani situasi stres, menyadari keterbatasannya, belajar dan bekerja dengan baik serta berkontribusi pada masyarakatnya.

Dalam mendukung masyarakat Indonesia yang sehat serta sejahtera jiwa raga, organisasi profesi seperti Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) atau Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia (APKI) memiliki peranan, kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Yohanes Baptista Satya Sananugraha. Dia berharap, Pemerintah dan organisasi profesi ini dapat menjalin hubungan baik dan saling mendukung.

Pemerintah saat ini menginisiasi pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan jiwa khususnya rumah sakit jiwa di enam provinsi di Indonesia yang belum memiliki rumah sakit jiwa yaitu Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara dan Kepulauan Riau.

“Kami harapkan dapat membantu Kementerian Kesehatan bersama Pemerintah Daerah untuk membangun rumah sakit-rumah sakit di enam provinsi. Ini sedang kami inisiasi,” demikian kata dia.

Pada kenyataannya, cemas akibat pandemi masih dihadapi sebagian orang. Selain berupaya mengatasi sendiri, mereka disarankan berkonsultasi dengan tenaga profesional bila cemas tak kunjung mereda.

Baca juga: Kiat kurangi kecemasan orang tua saat anak PTM

Baca juga: Mengenali kecemasan dan 10 cara alami untuk mengatasinya

Baca juga: Tahun baru bisa picu depresi dan kecemasan, apa penyebabnya?


Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022