Harbin (ANTARA) - Sebuah daftar nama unit perang kimia Jepang terungkap untuk kali pertama di China pada Senin (15/8).

Dokumen tersebut berisi nama asli dan informasi pribadi dari 414 anggota Unit 516, yang dibentuk oleh tentara Jepang pada Mei 1939 di Kota Qiqihar di Provinsi Heilongjiang, China timur laut, menurut Ruang Pameran Barang Bukti Kejahatan yang Dilakukan oleh Unit 731 Angkatan Darat Kekaisaran Jepang di Harbin, ibu kota Heilongjiang.

Sebagai base camp perang kimia Jepang, Unit 516 mengembangkan berbagai agen beracun dan menggunakannya selama peperangan.

Dokumen itu awalnya dipegang oleh Kementerian Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan Kesejahteraan Jepang, kemudian disimpan oleh Arsip Nasional Jepang.

Sebuah fotokopinya didapatkan oleh tim peneliti Ruang Pameran Barang Bukti Kejahatan yang Dilakukan oleh Unit 731 Angkatan Darat Kekaisaran Jepang pada April 2021 lalu.
 
Foto yang diabadikan pada 13 Agustus 2022 ini menunjukkan sebuah daftar nama unit perang kimia Jepang yang diungkapkan oleh Ruang Pameran Barang Bukti Kejahatan yang Dilakukan oleh Unit 731 Angkatan Darat Kekaisaran Jepang di Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang, China timur laut. (Xinhua/Zhang Tao)
 
Foto yang diabadikan pada 13 Agustus 2022 ini menunjukkan sebuah daftar nama unit perang kimia Jepang yang diungkapkan oleh Ruang Pameran Barang Bukti Kejahatan yang Dilakukan oleh Unit 731 Angkatan Darat Kekaisaran Jepang di Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang, China timur laut. (Xinhua/Zhang Tao


Sumber: Xinhua
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022