Persiapan sudah dilakukan dalam dua minggu terakhir ini
Jakarta (ANTARA) - Taman Impian Jaya Ancol kembali menggelar upacara Bendera Merah Putih dan pembacaan teks proklamasi untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) di akuarium bawah laut Sea World, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (17/8).

"Persiapan sudah dilakukan dalam dua minggu terakhir ini. Bendera yang besok dikibarkan oleh tiga orang penyelam dari internal Sea World berukuran standar dan prosesnya persis kayak di darat," kata Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Dijelaskan, pengunjung dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera merah putih oleh para penyelam internal Sea World Ancol itu secara langsung pukul 10.30 WIB dan upacara penurunan bendera pukul 15.00 WIB di area akuarium utama Sea World.

Eko mengatakan penyebab bendera merah putih berkibar di dalam akuarium adalah karena adanya pergerakan air di dalam akuarium.

Baca juga: Puluhan keluarga ikuti jalan sehat sambut HUT RI di Jakarta Utara

Dalam upacara tersebut, seorang penyelam dari Sea World Ancol juga akan membacakan teks proklamasi di akuarium yang memiliki beragam biota laut tersebut.

Selain itu, unit rekreasi milik anak usaha BUMD Provinsi DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk itu juga menyiapkan kegiatan kuis kemerdekaan, musik apresiasi dan kegiatan perajin boneka kertas Ichinogami yang mengangkat sosok pejuang/pahlawan kemerdekaan Indonesia seperti Bung Hatta, Bung Karno, Bung Tomo dan lainnya.

Itu semua untuk menghibur pengunjung unit rekreasi Sea World pada HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8).

Sebelumnya, atraksi penyelam mengibarkan bendera Merah Putih pernah dilakukan saat upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di dalam air di Sea World Ancol, Jakarta, pada Senin, 17 Agustus 2020.

Kegiatan pada HUT ke-75 RI itu dibuka untuk pengunjung, tetapi pada kegiatan serupa pada HUT ke-76 RI di Ancol dilakukan secara terbatas dan siaran langsung melalui media sosial (streaming video).

Baca juga: Anies ingatkan pengibaran bendera tak hanya dimaknai secara seremoni  

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022