Kuala Lumpur (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) bersama masyarakat Indonesia di Sarawak kembali menggelar upacara bendera dan merayakannya Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan Pesta Rakyat.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Kuching Raden Sigit Witjaksono dalam keterangan tertulisnya diterima di Kuala Lumpur, Selasa, mengatakan upacara bendera 17 Agustus akan dilaksanakan di halaman kantor KJRI Kuching, dilanjutkan dengan Pesta Rakyat. 

Penyelenggaraan secara tatap muka itu dilakukan seiring dengan penurunan penyebaran COVID-19 di Sarawak. 

Pesta Rakyat akan dilaksanakan dari pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat dan akan dimeriahkan dengan kegiatan pentas musik yang menampilkan Band Cermin.

Berbagai perlombaan dan permainan rakyat, seperti balap karung, balap bakiak, joget bangku, joget balon, dan lomba makan kerupuk juga akan digelar. 

Tidak ketinggalan, bazar kuliner yang menjual berbagai makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia akan memeriahkan rangkaian pesta. 

Sigit mengatakan bahwa rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 RI  di Sarawak sebenarnya sudah dimulai sejak Juli. 

Rangkaian tersebut diisi dengan berbagai pertandingan olah raga, mulai dari tenis meja, gaple, catur, bowling, jalan sehat, hingga bulu tangkis dan diikuti oleh seluruh staf KJRI Kuching, pelajar, mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Kuching dan sekitarnya.

Pada puncak peringatan HUT ke-77 RI nanti, upacara pengibaran bendera dan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dipimpin oleh Konjen RI di Kuching selaku inspektur upacara.

Upacara akan dimulai pada pukul 08.30 hingga 10.00 waktu setempat dan diikuti seluruh staf KJRI Kuching serta masyarakat Indonesia, pelajar Community Learning Center (CLC), dan Komunitas Pencinta Vespa.

Nurzen, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Kuching, disebutkan akan menjadi komandan upacara. Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) akan terdiri dari 10 orang pelajar dari CLC di Sarawak.

 
Baca juga: Sambut HUT di perbatasan RI-Malaysia, satgas TNI gelar aneka lomba

Baca juga: Sambut HUT di perbatasan RI-Malaysia, satgas TNI gelar aneka lomba

 

WNI di Kuala Lumpur ikuti berbagai lomba jelang HUT ke-77 RI

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022