Jakarta (ANTARA) - Setidaknya 13 pelari elite internasional ikut ambil bagian dalam "Maybank Marathon 2022" yang akan berlangsung pada 28 Agustus mendatang dengan lokasi start di Bali Safari and Marine Park, Gianyar, Bali.

Project Director Maybank Marathon Widya Permana, dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Selasa, menjelaskan Maybank Marathon 2022 adalah ajang lomba lari marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan label "Elite" dari badan atletik dunia, World Athletic.

Selain peserta umum, salah satu persyaratan ajang lomba marathon label "Elite" adalah melibatkan pelari elite.

Pada penyelenggaraan "Maybank Marathon 2022", Maybank Indonesia mengundang pelari elite internasional dengan komposisi enam pelari elite putra dan tujuh pelari elite putri.

Tujuh pelari elite internasional putra, yakni David Barmasai Tumo (Kenya), Mulgeta Birhanu Feyissa (Ethiopia), Mesfin Teshomme Bekele (Ethiopia), Hassan Toris (Maroko), Bazu Work Hayla (Ethiopia), Alemu Gemuchu (Ethiopia), dan Betty Chepleting (Kenya).

Sedangkan enam pelari elite internasional putri, yakni Jemila Wortesa Shure (Ethiopia), Souad Kabouchia (Maroko), Obse Abdeta (Ethiopia), Lanni Marchant (Kanada), Chemutai Immaculate (Uganda), dan Kebene Chala (Ethiopia).

Beberapa pelari internasional juga tercatat akan berpartisipasi pada "Maybank Marathon 2022", yakni Agus Prayogo, Welman Pasaribu, Robi Syianturi, Odekta E. Naibaho, Irma Handayani, dan Pretty Sihite.

Ada pun jumlah peserta "Maybank Marathon 2022" yang sudah melakukan registrasi sebanyak hampir 10.000 peserta di ketiga kategori yang diperlombakan, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10 km.

Di samping itu, "Maybank Marathon 2022" juga memperlombakan kategori tambahan untuk peserta anak-anak (children Sprint) dan peserta kategori kursi roda (wheelchair).

Dari segi kewarganegaraan, jumlah peserta Maybank Marathon 2022 tersebut didominasi oleh peserta dari dalam negeri dan dari 50 negara, di antaranya, peserta terbanyak dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan lain-lain.

"Masih dalam semangat memperingati satu dekade Maybank Marathon, penyelenggaraan tahun ini akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2,4 miliar untuk 118 pemenang," katanya.

Mengenai persiapan, Widya memastikan kesiapan penyelenggaraan even internasional tersebut dari berbagai aspek, mulai rute lari, persiapan tenaga dan fasilitas medis serta fasilitas pendukung lainnya hingga pengamanan untuk mendukung kelancaran
Maybank Marathon 2022 pada 28 Agustus mendatang.

"Kami siap menyelenggarakan Maybank Marathon 2022 dan bersemangat untuk menyambut peserta lari untuk berlomba di acara kami, di Bali akhir Agustus ini," kata Widya.

Seluruh rute kategori lintasan Maybank Marathon telah disertifikasi oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dan World Athletics (WA), atau dahulu dikenal dengan International Association of Athletics Federations (IAAF).

Pengukuran rute juga dilakukan oleh
International Measurement Administrator yang memegang Grade A IAAF-AIMS course measurer.

Sedangkan pengambilan Race Pack atau Race Pack Collection (“RPC”) akan dilaksanakan pada 26-27 Agustus 2022 di Taman Bhagawan, Benoa, Bali.


Baca juga: Maybank Bali Marathon 2022 gencar dipromosikan hingga ke luar negeri
Baca juga: Maybank Marathon latihan rutin jelang ajang di Bali
Baca juga: Maybank Marathon kembali digelar di Gianyar Bali

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022