memperkuat langkah kita semua dalam mewujudkan Surabaya yang lebih baik
Surabaya (ANTARA) - Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengajak anak-anak muda di Kota Pahlawan, Jawa Timur, meneladani para pahlawan pada malam tirakatan atau tasyakuran memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Selasa malam.

"Tasyakuran dan tirakatan HUT ke77 RI pada malam ini merupakan momentum tepat untuk melakukan perenungan yang mendalam tentang arti penting kemerdekaan Indonesia," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya.

Adi mengajak warga khususnya anak-anak muda untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan, seraya mendoakan untuk seluruh pejuang, seluruh kusuma bangsa, seluruh pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME.

"Kita juga merenungkan, sejauh mana sudah merawat dan mengisi kemerdekaan melalui karya-karya terbaik di semua bidang," ujar Adi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini.

Baca juga: Wakil Ketua MPR berharap kandidat capres teladani para pahlawan
Baca juga: Menteri Bintang ajak generasi muda teladani Roehana Koeddoes

Adi menyatakan, kebanggaannya kepada masyarakat Surabaya yang sangat antusias menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia. Bahkan di jalan-jalan kampung, atau balai-balai pertemuan, warga berkumpul dengan menggelar tikar dan duduk lesehan.

"Kebersamaan warga dalam tasyakuran, memperkuat langkah kita semua dalam mewujudkan Surabaya yang lebih baik," kata Adi.

Selain itu, lanjut dia, malam tasyakuran juga menjadi oase bagi generasi muda untuk mendapatkan nilai-nilai ketulusan dalam perjuangan, sebagaimana yang dicontohkan oleh para pahlawan. Para tokoh yang dituakan di masyarakat biasanya akan berbagi cerita dan pengalaman, tentang sejarah kemerdekaan dan kiprah pahlawan yang telah gugur membela bangsa.

"Dari sana, anak-anak muda dan warga secara luas bisa mengambil teladan," ujar dia.

Baca juga: Hari Pahlawan tak sekadar seremonial tapi teladani nilai kepahlawanan
Baca juga: Sejarawan: Teladani cara Sultan Baabullah menjaga marwah daerah

Teladan dari Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno, lanjut Adi, adalah bagaimana hidup Sang Proklamator itu didedikasikan bagi masyarakat.

"Anak-anak muda juga bisa mencontoh Bung Karno, bagaimana beliau di usia muda sudah begitu gemar membaca, mencari ilmu tiada henti, dan mengabdikan ilmunya untuk kemerdekaan bangsa, untuk membantu masyarakat. Ini harus dicontoh anak-anak muda," kata dia.

Adi juga mengajak warga untuk menjadikan malam tirakatan sebagai salah satu momentum mempercepat pemulihan ekonomi setelah dua tahun dibekap pandemi COVID-19.

Baca juga: Anak pahlawan: Teladani sikap jujur dan sederhana Bung Tomo

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022