Sorong (ANTARA) - Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura berkolaborasi dengan pemerintah daerah melakukan bakti sosial pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

Sebanyak 16 dokter umum alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Cenderawasih (Uncen) bekerja sama dengan Puskesmas Ayamaru Timur, Kabupaten Maybrat, Selasa, memberikan sosialisasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Ayamaru Timur.

Ketua Ikatan Alumni FK Uncen Dance Sraun mengatakan bahwa bakti sosial tersebut merupakan program tahunan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Uncen harap SDM lokal diberdayakan

Dia menjelaskan bahwa program tersebut telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah pelosok Papua dan Papua Barat.

Menurut dia, program bakti sosial kesehatan itu meliputi pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular, pemberian vitamin A bagi anak sekolah, pemberian imunisasi, dan pemeriksaan ibu hamil.

Selain itu, senam ibu hamil serta penyuluhan berupa pemaparan indeks keluarga sehat kepada masyarakat agar mereka terus menjaga kesehatan pribadi dan keluarga.

Baca juga: Rektor Uncen tekankan kemitraan sejahterakan rakyat Papua

Staf Khusus Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Maybrat Bernardus Nauw mengatakan bahwa program yang dilakukan alumni FK Uncen tersebut sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Maybrat mendukung program tersebut guna menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

"Program para dokter umum alumni Universitas Cenderawasih ini sangat bagus karena menyentuh secara langsung kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Satgas TNI-FK Uncen berikan layanan kesehatan warga perbatasan RI-PNG

Kegiatan bakti sosial tersebut juga mendapat apresiasi dari Kepala Bidang Penanganan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Maybrat Nikolas Yumame yang berharap kegiatan itu rutin dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Program ini sangat luar biasa. Animo masyarakat sangat tinggi untuk memeriksa kondisi kesehatan. Kegiatan ini merupakan bentuk program pelayanan kesehatan yang nyata untuk menjaga agar generasi muda harapan Papua tetap sehat," kata Yumame.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022