Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional Selasa (16/8) kemarin, mulai dari Pidato Kenegaraan Presiden hingga Sidang Tahunan 2022.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi hadiri sidang tahunan MPR tahun 2022
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 RI di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta pada Selasa.

Presiden Jokowi tiba sekitar pukul 09.00 WIB dengan mengenakan pakaian adat Paksian asal Bangka Belitung. Presiden mengenakan jubah panjang sebatas betis warna hijau lumut dengan ornamen emas bermotif Pucuk Rebung bagian kancing, ditambah selendang dengan warna emas dengan warna senada.

Selengkapnya di sini

2. Bambang Soesatyo buka Sidang Tahunan MPR RI
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR RI sekaligus Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI.

"Sampai saat ini 435 anggota dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD telah menandatangani daftar hadir maka sidang memenuhi syarat," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

3. Ketua DPR sebut Pemerintah belum usulkan kenaikan harga BBM
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa Pemerintah belum mengusulkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) walaupun harga BBM di luar negeri sudah sangat tinggi.

“Sampai hari ini belum ada usulan dari Pemerintah untuk menaikkan harga BBM, walaupun harga BBM di luar negeri itu sudah sangat tinggi,” ucap Puan Maharani dalam jumpa pers usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

4. Puan: Tema HUT Ke-77 RI jadi momentum lanjutkan pembangunan nasional
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyatakan tema Peringatan HUT Ke-77 RI "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" menjadi momentum untuk segera kembali melanjutkan pembangunan nasional.

"Menjadi momentum bagi kita dalam mengambil tekad dan upaya untuk segera kembali melanjutkan pembangunan nasional untuk kemajuan Indonesia," kata Puan saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

5. Prabowo Subianto minta masyarakat percaya pada pemimpin
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta agar masyarakat bersedia untuk percaya kepada pemimpin di pemerintahan dan tidak gampang diprovokasi agar dapat menghadapi krisis global.

"Kita harus rukun, harus sejuk, harus hati-hati, kita harus bekerja sama dengan baik, kita harus percaya sama pimpinan, jangan mau diprovokasi, bikin ketenangan, kerja sama yang baik, gotong royong," kata Prabowo di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022