Jakarta (ANTARA) - Laga kualifikasi Piala Dunia antara Brazil dan Argentina yang tahun lalu dihentikan, tidak akan dipertandingkan lagi, kata asosiasi sepak bola kedua negara Amerika Selatan itu, Selasa.

Pertandingan tersebut seharusnya berlangsung September tahun lalu, namun dihentikan ketika pejabat kesehatan Brazil menyerbu ke lapangan saat laga berjalan tujuh menit di Sao Paulo, dan menuding adanya pelanggaran karantina Covid-19 oleh tim tamu.

Tetapi dengan sudah pastinya kedua negara lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022, pada 20 November, mereka telah memohon kepada badan sepak bola dunia FIFA untuk membatalkan pertandingan secara definitif.

"Pertandingan Brazil-Argentina tidak akan dimainkan," kata Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) dan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dalam pernyataan bersama, seperti dikutip AFP.

"AFA, CBF dan FIFA telah menyelesaikan perselisihan di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)."

Kedua negara berpendapat bahwa memainkan pertandingan sesuai jadwal pada 22 September akan berdampak buruk pada persiapan Piala Dunia mereka.

FIFA memutuskan pada bulan Februari bahwa permainan harus diulang dan pada bulan Mei badan itu menolak banding kedua federasi untuk membatalkan pertandingan, sementara mereka harus membayar denda senilai ratusan ribu dolar.

Kedua federasi kemudian membawa kasus ini ke CAS, yang dijadwalkan bulan ini.

Brazil dan Argentina sudah pasti lolos ke Piala Dunia. Pertandingan sisa di zona Amerika Selatan tidak berpengaruh bagi mereka. Brazil memuncaki grup dan Argentina urutan kedua.

Brazil telah memenangkan Piala Dunia lima kali sementara Argentina dua kali juara.


Baca juga: Brazil dan Argentina diminta gelar kembali laga yang terhenti
Baca juga: Tite marah besar ofisial VAR tutup mata dalam laga Brazil vs Argentina
Baca juga: Laga Argentina vs Brazil berakhir imbang tanpa gol

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022