Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan kompetisi menyanyi bagi masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

“Kami berharap HUT Ke-77 RI ini jadi momen agar dapat bangkit dari pandemi dan menghadapi tantangan ekonomi,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno lewat keterangan resmi, Jakarta, Rabu.

Ia mengajak masyarakat dan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk mendaftar melalui laman https://bit.ly/MelodiKemerdekaan2022.

Lomba menyanyi tersebut digelar secara online melalui instagram @pesona.indonesia yang berlangsung pada periode 1-21 Agustus 2022.

“Saya berharap masyarakat khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk dapat memaknai HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dari berbagai kemajuan teknologi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Untuk mengikuti lomba Melodi Kemerdekaan, masyarakat diminta membuat video kreasi menyanyikan lagu nasional Indonesia, lalu memilih satu lagu nasional seperti lagu Hari Merdeka, Bangun Pemudi Pemuda, Indonesia Pusaka, Tanah Air, hingga Dari Sabang sampai Merauke.

Formasi bernyanyi bisa dilakukan secara solo (sendiri), duet, maupun grup. Masyarakat juga bisa memakai musik pendukung seperti instrumen, alat musik, maupun akapela.

“Biar semakin meriah, boleh pakai kostum dan aksesori,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Setelah itu video diunggah di Instagram feed dengan mention Instagram @pesona.indonesia dan menyertakan tagar #MelodiKemerdekaan2022 pada caption.

Adapun total hadiah yang diperoleh oleh juara pertama sebesar Rp6,5 juta, juara dua Rp4,5 juta, juara tiga Rp2,5 juta, dan untuk dua pemenang favorit dengan total hadiah Rp1,25 juta.

Baca juga: HUT RI, Ancol gelar lomba mewarnai dan menyanyi untuk anak-anak
Baca juga: Peserta lomba puisi HUT RI mahasiswa China di luar ekspektasi


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022