Gorontalo (ANTARA) - Puluhan masyarakat di Kelurahan Tenilo, Kota Gorontalo menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di atas bukit di daerah itu, Rabu.

Lurah Tenilo yang juga inspektur upacara HUT RI di daerah itu, Gamarudin Daud, mengatakan kegiatan yang pertama kali dilakukan warga setempat di bukit itu, untuk memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme.

Upacara bendera untuk memperingati HUT Ke-77 RI tersebut, diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, seperti anak-anak, remaja, orang tua, staf kelurahan, TNI, dan Polri.

"Kita mempersiapkan kegiatan ini selama dua pekan" ujar dia.

Baca juga: Dedi Mulyadi kibarkan Bendera Merah Putih bersama petani di sawah

Kegiatan yang diinisiasi oleh lurah dan remaja masjid Darul Mukhlisin itu, dengan konsep awal berupa pengibaran bendera Merah Putih di bukit di daerah setempat.

Setelah dilakukan rapat, kemudian berkembang ide untuk melakukan upacara bendera. Oleh karena itu masyarakat bersama pihak kelurahan dan TNI-Polri mulai membersihkan bukit untuk lokasi upacara HUT RI secara layak.

Berbagai ornamen merah putih terpasang di lokasi upacara, selain itu para peserta upacara mengenakan pakaian ala pejuang.

Pelaksanaan kegiatan itu berlangsung meriah, sedangkan usai upacara masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Baca juga: Presiden terkekeh, Iriana berjoget lagu Ojo Dibandingke dinyanyikan
Baca juga: Ratusan pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta gelar Upacara HUT RI
Baca juga: Upacara Kemerdekaan diadakan di titik temu dua Sungai Oss Ubud
Sejumlah warga mengibarkan bendera Merah Putih usai mengikuti upacara bendera di Bukit Tenilo, Kota Gorontalo, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022