menjadi momen untuk bersama-sama menggapai kebahagiaan secara umum
Jakarta (ANTARA) -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tema HUT ke-77 Republik Indonesia  "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" melambangkan semangat kebangkitan bagi bangsa Indonesia khususnya warga Jakarta  dari pandemi COVID-19.
 
Anies yang menjadi inspektur upacara HUT RI di Plaza Selatan Monas mengatakan selama dua tahun ini Indonesia, khususnya Jakarta telah berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat dalam menghadapi pandemi COVID-19.
 
"Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kalimat ini mengingatkan kita dari peristiwa yang kita hadapi selama dua tahun ini. Kita berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat. Maka dari itu, dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, Pemprov DKI Jakarta konsisten mengedepankan prinsip keadilan untuk warganya, seperti yang tertuang pada tema perayaan tahun ini," kata Anies  dalam amanatnya pada upacara HUT RI tersebut.

Lebih lanjut Anies juga mengingatkan kepada semua pihak termasuk elemen masyarakat mengenai peranan besar dalam kemerdekaan Indonesia, yang telah berani bangkit berdiri sebagai satu bangsa untuk memperjuangkan nasibnya sendiri, bukan peran satu atau dua pihak saja.
 
"Untuk itu, ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa Indonesia. Kita yang saat ini berdiri di tempat ini punya tanggung jawab untuk menuntaskan janji kemerdekaan yaitu melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum serta keadilan untuk semua warga," ujar Anies.
 
Kebersamaan itu juga, kata Anies, yang menjadi prinsip keadilan yang diterapkan di Jakarta, yakni bagaimana membahagiakan warga secara sistematis dan berkelanjutan, hal ini mengingat Jakarta selama ini adalah rumah bagi semua kalangan maupun semua suku yang ada di Indonesia dan sebagai barometer nasional.
 
Seperti dalam skema pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang diarahkan juga untuk memberi rasa keadilan.
 
"Jakarta adalah rumah bagi semua. Karenanya, aspek keadilan, kesetaraan dan pembangunan yang berkelanjutan menjadi perhatian. Melalui penetapan PBB-P2 tahun 2022 ini, kami menunjukkan bahwa instrumen pajak tidak semata sebagai sumber pendapatan, sekaligus sebagai instrumen yang digunakan untuk menghadirkan rasa keadilan untuk warga," ucap Anies.
 
Di samping itu, Anies juga mengajak peringatan HUT RI ke-77 ini menjadi momen untuk bersama-sama menggapai kebahagiaan secara umum.
 
"Sekali lagi, selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Marilah kita bulatkan dan satukan tekad untuk bersama-sama mewujudkan pemulihan bangsa yang lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Merdeka!" tutur Anies.
 
Upacara memperingati HUT RI di Plaza Selatan Monas, Jakarta, tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan Forkopimda DKI Jakarta.
Baca juga: Reza Rahadian menjelma "Pangeran Jawa" di HUT ke-77 RI
Baca juga: Ucapan dan pesan selebritas untuk Indonesia di Hari Kemerdekaan
Baca juga: Moeldoko: Pesan Jokowi "Eling lan Waspodo" kontekstual dengan saat ini

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022