Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 di Istana Negara Jakarta secara virtual dari Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, setiap kementerian diminta untuk hadir menyapa masyarakat secara langsung dengan menghadiri kegiatan upacara kemerdekaan di setiap sentra sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing kementerian.

"Kebetulan kami bertugas di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kita melihat geliat ekonomi yang mulai meningkat terutama di saat kita berjuang menghadapi pandemi COVID-19, bagaimana produk-produk ekonomi kreatif unggulan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini kita berikan dukungan sebagai upaya peningkatan dan pengembangan usaha agar masyarakat ekonominya pulih lebih cepat dan lebih kuat," ujar dia di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemenparekraf gelar kompetisi menyanyi sambut HUT ke-77 RI

Kini, perekonomian Kepulauan Seribu disebut telah pulih di atas 50-60 persen dibandingkan sebelum pandemi. Hal tersebut mendorong penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024.

Oleh karena itu, Kemenparekraf memilih Kepulauan Seribu sebagai tempat pelaksanaan upacara HUT RI karena wilayah tersebut ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) khusus pariwisata.

"Dipilihnya Kepulauan Seribu sebagai PSN karena letaknya dekat dengan pusat ekonomi di Jakarta. Saya hadir di sini sembari juga bernostalgia karena pernah tugas di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf menggunakan baju adat dari Sulawesi Tengah dengan paduan warna hijau yang menunjukkan transisi menuju ekonomi hijau dan warna kuning khas betawi yang melambangkan keceriaan dan cerahnya masa depan Kepulauan Seribu dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini juga mewakili Indonesia Timur sebagai tanah kelahiran dari ayah saya yang memang kelahiran Sulawesi, dan istri saya Betawi," ucapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno sampaikan pentingnya kolaborasi dengan swasta

Baca juga: Sandiaga: Manfaatkan momentum HUT RI untuk promosikan desa wisata

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022