Kuningan (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Upacara HUT ke-77 RI ini kami lakukan untuk mendekatkan dengan masyarakat," kata Siti Nurbaya di Kuningan, Jawa Barat, Rabu.

Menurutnya upacara HUT RI menjadi sesuatu yang istimewa, mengingat dua tahun acara peringatan hari kemerdekaan tidak digelar seperti saat ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang terjadi.

Untuk itu kata Siti Nurbaya, pihaknya diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo menggelar upacara HUT Ke-77 RI di luar daerah, dan pihaknya memilih kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Baca juga: Pakar ungkap tujuh tantangan kesehatan di HUT Ke-77 RI

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan HUT Ke-77 RI dengan meriah, dan kini saya kunjungi Gunung Ciremai," tuturnya.

Menteri Siti Nurbaya menambahkan tema besar HUT Ke-77 RI yaitu "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" bisa menjalar ke semua lapisan masyarakat, apalagi saat ini pandemi COVID-19 terus melandai.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lanjut Siti Nurbaya, melaksanakan kegiatan peringatan hari kemerdekaan di beberapa tempat, baik di Jawa maupun luar daerah.

Ia berharap pada HUT Ke-77 RI, masyarakat Indonesia semakin makmur dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berada di sekitar.

"Kami mengajak semua bahu membahu di areal masing-masing fungsi dan kepentingan, untuk menyejahterakan masyarakat luas," katanya.

Pada acara HUT Ke-77 RI, Menteri LHK Siti Nurbaya menjadi inspektur upacara yang diikuti oleh ASN, pemuda desa setempat, serta masyarakat yang berada di sekitar kawasan TNGC.*


Baca juga: Kemensos rayakan HUT RI dengan peragaan baju daerah hingga lomba-lomba

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022