"Ada dua (agenda) insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti."
Jakarta (ANTARA) - Pelantikan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menpan RB) yang baru dijadwalkan berlangsung sebelum akhir Agustus, kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga diagendakan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) di bulan Agustus.

"Ada dua (agenda) insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti, tapi tidak tahu, itu kami serahkan ke Presiden (Joko Widodo)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Saat ini, posisi menpan RB diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD selaku Pelaksana Tugas (Plt) sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Heru mengatakan belum ada pelantikan menteri baru pengganti Tjahjo Kumolo itu karena jadwal Presiden Jokowi cukup sibuk.

Baca juga: Hasto pastikan calon Menpan RB dari kader PDI Perjuangan

"Karena kesibukan beliau sebagai seorang Presiden, kemarin juga baru pergi ke Beijing ,Tokyo, Seoul, mempersiapkan materi. Sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan. Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih Pak Presiden," jelasnya.

Menurut dia, Presiden juga sudah mengantongi nama-nama kandidat menpan RB.

"Ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab, doain ada waktu untuk beliau bisa," tambahnya.

Heru juga menyampaikan jadwal Jokowi usai perayaan HUT ke-77 RI tetap padat.

"Beliau besok kan kunjungan kerja ke Karawang. Akhir Agustus, kunjungan ke daerah timur, tapi sebelum Agustus berakhir itu ada kunjungan ke IKN dan (wilayah) timur," ujarnya.

Baca juga: Seskab sebut nama calon MenPAN-RB sudah mengerucut
Baca juga: Presiden Jokowi tunjuk Mahfud sebagai Plt MenPAN-RB

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022