Regulasi tersebut dimaksudkan agar memungkinkan dan menarik pendatang baru untuk bergabung dalam olahraga ini dengan kompetisi
Jakarta (ANTARA) - FIA pada Selasa menyetujui regulasi mesin untuk Formula 1 yang akan diterapkan pada 2026, dengan peningkatan tenaga listrik dan penggunaan 100 persen bahan bakar berkelanjutan menjadi dua aspek kunci di peraturan baru itu.

Induk otomotif dunia itu menyebutkan, dalam pernyataan resmi, power unit mobil F1 akan tetap mempertahankan konfigurasi mesin pengapian dalam V6 1,6 liter.

Regulasi 2026 akan menghilangkan pemakaian Motor Generation Unit Heat atau MGU-H, sedangkan keluaran tenaga dari Energy Recovery System akan ditingkatkan menjadi 350 kilowatt.

Baca juga: Williams pertahankan Albon dengan kontrak jangka panjang

Menurut kabar, perubahan peraturan di atas merupakan syarat agar sejumlah brand dari Volkswagen Group ikut bergabung ke F1.

"Regulasi tersebut dimaksudkan agar memungkinkan dan menarik pendatang baru untuk bergabung dalam olahraga ini dengan kompetisi," kata FIA pada laman resminya.

Laporan sejumlah media menyebutkan Porsche berencana untuk mengambil 50 persen saham Red Bull Technology, perusahaan yang membangun mobil untuk tim pemimpin klasemen F1 musim ini.

Bos tim Red Bull Christian Horner pada GP Hungaria bulan lalu mengungkapkan sudah ada diskusi konstruktif dengan Porsche namun masih banyak rintangan yang harus dilewati.

Audi juga disebut-sebut mendekati Sauber, perusahaan yang menjalankan tim Alfa Romeo.

FIA juga mengatakan Dewan Motor Sport Dunia (WMSC) telah memperbarui peraturan teknis 2022 dan 2023 untuk menyikapi masalah keselamatan, khususnya fenomena osilasi vertikal atau porpoising mulai GP Belgia pada akhir Agustus serta standar keselamatan rool hoops, menyusul kecelakaan hebat yang dialami pebalap Alfa Romeo Guanyu Zhou di Silverstone.

Baca juga: Alpine tunjuk Oscar Piastri sebagai pengganti Alonso pada 2023

"Keselamatan adalah prioritas tertinggi bagi FIA, dan kami telah mencurahkan waktu dan sumber daya yang begitu besar kepada analisis dan resolusi dari masalah porpoising," kata presiden FIA Mohammed Ben Sulayem.

"Jelas bahwa FIA memiliki kewajiban untuk bertindak dan memastikan bahwa para pebalap tidak berada dalam risiko cedera yang tidak semestinya akibat fenomena ini."

Kemudian, mobil-mobil 2023 akan memiliki lantai yang lebih tinggi 15mm, kompromi yang disepakati oleh tim-tim setelah FIA mengusulkan peningkatan 25mm.

Beberapa tim seperti Ferrari dan Red Bull tidak memiliki masalah porpoising dan menyebut usulan awal itu hanya akan menguntungkan sejumlah tim yang gagal membangun mobilnya dengan baik tahun ini.

Terkait roll hoop, FIA mendapati temuan dari insiden kecelakaan di Silverstone bahwa bagian roll hoop mobil Alfa Romeo Guanyu tercabik setelah bergesekan dan "menggali" aspal dalam kecepatan tinggi ketika terbalik.

Oleh karena itu, bagian tersebut akan didesain dengan permukaan yang bulat.

Baca juga: Honda dukung teknologi power unit Red Bull hingga 2025
Baca juga: Potensi Mercedes di Hungaria bakar semangat Hamilton menangi balapan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022