Kota Bengkulu (ANTARA) - Ratusan narapidana di Lapas Kelas IIA Bentiring Kota Bengkulu antusias mengikuti perlombaan panjat pohon pinang untuk memeriahkan perayaan HUT Ke-77 RI di daerah itu.
 
Kepala Lapas Kelas IIA Bengkulu Ade Kusmito di Kota Bengkulu, Rabu, mengatakan perlombaan panjat pinang dalam rangka HUT RI itu juga sebagai upaya agar warga binaan dapat membentuk kerja sama antartim.
 
"Perlombaan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun," kata dia.
 
Ia mengharapkan momentum perayaan Hari Kemerdekaan RI tersebut memaknai para warga binaan untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik pada masa mendatang.

Baca juga: Lima warga binaan Rutan Kraksaan Probolinggo langsung bebas
 
Pihaknya juga mengadakan perlombaan lainnya, seperti futsal, bola voli, peragaan busana.
 
Salah satu peserta lomba panjat pinang, Nopon, menyebutkan perlombaan tersebut menjadi hiburan bagi narapidana lainnya saat menjalani masa pidana.
 
"Kami senang karena dapat merayakan momen (Hari, red.) Kemerdekaan Republik Indonesia meski saat ini tengah menjalani masa pidana," ujarnya.

Hadiah utama pada perlombaan panjat pinang memperingati HUT RI adalah uang tunai sebesar Rp1 juta, makanan ringan, dan perlengkapan kebersihan untuk warga binaan.

Baca juga: Sebanyak 2.278 narapidana di Lapas Malang terima remisi
Baca juga: Lapas Kendari berdayakan narapidana kembangkan tanaman hidroponik

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022