Jakarta (ANTARA) - Jr. NBA Asia menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia bersama atlet terbaik di Tanah Air yang bakal hadir dalam serial bertajuk Hari Kemerdekaan Indonesia bersama Atlet Terbaik.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, serial ini akan tayang melalui YouTube Jr. NBA Asia setiap pekan mulai 17 Agustus hingga 3 September.

Sejumlah nama atlet terbaik seperti pebasket Abraham Wenas, Emyr Razan seorang aktor sekaligus atlet basket asal Bandung, pebulu tangkis Mohammad Ahsan dan Melati Daeva Oktavianti bakal turut berpartisipasi.

Baca juga: Dewa United bertekad kalahkan Prawira di gim kedua playoff IBL 2022

Selain itu ada juga pesepak bola Osvaldo Haay dan Atep didampingi Kemal Palevi sebagai pembawa acara serial yang akan menyampaikan berbagai kebutuhan dan ketentuan menjadi seorang atlet basket profesional.

Pelatihan ini akan fokus pada hal-hal fundamental terkait skill bermain basket, mulai dari dribbling, passing, hingga shooting, dan akan ditutup dengan pertandingan 3-on-3 untuk menentukan pemenang dari serial ini.

Sebanyak empat episode akan tayang. Pada episode pertama, dimulai dengan memahami salah satu aspek terpenting dalam basket, dribbling.

Dari dasar cara melakukan dribbling satu tangan hingga dribbling dua bola dan bahkan beberapa gerakan basket lainnya untuk menambah keahlian peserta.

Kemudian episode kedua, pelatihan akan fokus pada kemampuan passing. Skenario yang berbeda memerlukan jenis passing yang berbeda, dan di sesi ini, para peserta akan memahami kapan harus menggunakan gaya passing pada kondisi tertentu.

Episode ketiga akan berfokus pada penilaian basket, dan itu adalah shooting. Kemampuan free-throw shooting, 3 points shooting, dan shooting sederhana lainnya juga diperlukan. Hal ini diperlukan untuk memastikan seorang atlet memiliki kemampuan shooting yang baik dan dapat menjadi ancaman bagi tim lawan.

Baca juga: Nihil COVID-19 menjelang playoff IBL 2022 di Bandung

Lalu episode terakhir, semua pelatihan kemampuan akan diuji, karena para atlet ini akan mengikuti turnamen basket 3-on-3 untuk menunjukkan keahlian yang telah mereka pelajari selama rangkaian program pelatihan ini.

Jr. NBA Asia memiliki visi dan misi untuk memastikan kemajuan atlet muda di Asia, melalui berbagai pelatihan dan programnya.

Melalui program-programnya, Jr. NBA Asia bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pemain muda dan mengatasi meningkatnya ketidakaktifan dengan mengintegrasikan basket ke dalam kurikulum pendidikan jasmani lokal.

Salah satu bentuk kepedulian Jr. NBA Asia adalah dengan mengajak anak muda di Indonesia untuk terus aktif beraktivitas meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19 melalui program yang dilaksanakan secara online, salah satunya dengan program serial Hari Kemerdekaan Indonesia bersama Atlet Terbaik.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Jr. NBA terus berusaha untuk mengajarkan dasar-dasar bola basket dan nilai-nilai inti program yaitu Sportsmanship atau sportivitas, Teamwork atau kerja sama tim, Positive Attitude atau sikap yang positif, dan Respect atau respek (S.T.A.R).

Baca juga: IBL dan Instagram jalin kerja sama gairahkan bola basket Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022