Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI yaitu "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi kabupaten ini usai pandemi COVID-19.

"Bagi Bantul dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" ini kita menginginkan kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 ini bisa kita lakukan," kata Bupati usai ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Bantul, Rabu.

Menurut dia, apalagi sekarang ini situasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di kabupaten Bantul sudah melandai yang ditandai dengan terus berkurangnya kasus penularan virus Corona.

Baca juga: Tim Paskibraka Pancasila Sakti bertugas di Upacara Penurunan Bendera

"Sekarang ini pandemi sudah semakin melandai, walaupun masih ada kasus itu mayoritas sudah tanpa gejala atau OTG (orang tanpa gejala), sehingga dimungkinkan geliat ekonomi itu kita lakukan," katanya.

Sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten dalam mendorong kebangkitan ekonomi diantaranya dengan berbagai kegiatan yang melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti pameran Bantul Expo, maupun bazar UMKM.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan, bahwa dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Bantul menyelenggarakan serangkaian kegiatan, yang dimulai dengan upacara bendera pada Rabu (17/8) dengan dihadiri para Forkompinda Bantul.

"Tadi pagi kita mengadakan upacara bendera di Lapangan Trirenggo, kemudian dilanjutkan dengan detik-detik proklamasi mengikuti agenda dari Jakarta di Gedung Induk Parasamya," katanya.

Setelah itu, kata dia, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Bantul oleh Bupati dan Wakil Bupati, dan jajaran forkompinda.

"Dan Alhamdulillah seluruh rangkaian yang diagendakan bisa berjalan lancar tanpa halangan suatu apapun. Dan kita punya agenda Aubade, upacara penurunan bendera di Lapangan Trirenggo, dan untuk jajaran forkompinda mengikuti acara lewat zoom di Parasamya," katanya.

Baca juga: Lantamal X-Polda Papua gelar upacara di bawah laut Jayapura
Baca juga: Ribuan pendaki Bukit Kaba kibarkan bendera raksasa peringati HUT RI
Baca juga: Warga padati Taman Pandang Istana jelang Upacara Penurunan Bendera

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022