Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia memperkuat semangat gotong royong di tengah situasi dunia, setelah dua tahun dilanda pandemi COVID-19.

Hal itu dikatakan Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang dibacakan Danrem 162 Wira Bhakti Brigadir Jenderal (TNI) Sudarwo Aris Nurcahyo selaku inspektur upacara peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Kantor Gubernur NTB di Mataram, Rabu.

"Dua tahun lebih ini kita menghadapi tantangan dan ujian. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi sangat dirasakan. Namun di tengah keterpurukan dan pelemahan ekonomi, semua elemen bangsa bergerak dan bergotong royong mewujudkan harapan agar kondisi bisa kembali normal seperti sedia kala," katanya.

Ia menyampaikan perekonomian yang semakin berangsur pulih dari dampak pandemi COVID-19 tak terlepas dari kinerja pemerintah dan gerakan masyarakat yang bersinergi untuk mencapai pemulihan di semua sektor sehingga siap menghadapi tantangan global.

Baca juga: Omah Kreasi: Masyarakat layak bergembira di Bulan Kemerdekaan

Tema HUT Ke-77 RI "Pulih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" memberi pesan kepada seluruh masyarakat agar siap berubah menghadapi dunia yang penuh disrupsi.

"Melihat perkembangan dalam dua tahun terakhir, kita terus membangun semangat, membuat terobosan-terobosan baru demi menguatkan fondasi. Tak terkecuali di NTB. Beragam kebijakan terlahir menjadi solusi saat NTB diterjang gelombang pandemi. Alhamdulillah, selama musibah itu berlangsung, kita berhasil mencatatkan prestasi dan kinerja positif mewujudkan NTB Gemilang," ujarnya.

Menurut dia, beberapa program unggulan Pemprov NTB gencar dilakukan pemerintah dan sejumlah pihak terkait demi mewujudkan puncak mimpi, yaitu NTB Gemilang.

"NTB Gemilang bukan sekadar mimpi. Dibutuhkan keberanian dan kerja keras untuk menggapai puncak mimpi. Melalui implementasi program unggulan 1.000 cendikia, NTB zero waste, revitalisasi posyandu, 99 desa wisata, industrialisasi dan sektor strategis lainnya, kita bergerak simultan sesuai visi-misi membangun NTB Gemilang," katanya.

Hadir dalam upacara peringatan HUT Ke-77 RI itu, antara lain Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, Sekretaris Daerah NTB, Kapolda NTB, Danrem 162 Wira Bhakti, dan seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB.

Baca juga: Pancasila-Bhineka Tunggal Ika mempersatukan RI hadapi tantangan
Baca juga: WNI di Jepang sampaikan makna kemerdekaan di HUT ke-77 RI
Baca juga: HUT ke-77 RI, Luhut: Bangsa kita hebat, bisa atasi masalah sendiri

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022