Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut tersebut juga dilaksanakan secara serentak di 77 titik lokasi Nusantara jajaran TNI AL dan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, melalui konferensi video
Saumlaki, Kepulauan Tanimbar (ANTARA) - Pangkalan Tentara Nasional Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki sukses mengibarkan bendera Merah Putih di bawah perairan Laut Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, pada peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/) 2022.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Andi Kristianto menjadi inspektur upcara pada upacara tersebut, sementara Perwira Urusan Penghasilan Anggota (Paur Silta) Akuntansi Lanal Saumlaki, Letda Laut (S) Giusepe Albuchari Wiradipura Ginting bertindak sebagai komandan upacara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar, Danalanud IG Dewanto, Dandim 1507/Saumlaki, Dansatrad 245/Saumlaki, Kapolres Kepulauan Tanimbar, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Tanimbar, Ketua Pengadilan Negeri Kepulauan Tanimbar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, perwira staf Lanal Saumlaki, serta pejabat terkait lainnya.

Kegiatan pengibaran di Laut Saumlaki ini diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel Eduard Indey kepada Danlanal Saumlaki yang kemudian diserahkan kepada kepala tim (katim) penyelam.

Bendera Merah Putih itu berukuran 3 x 2 meter yang dibentangkan di atas laut, serta ukuran bendera 60 cm x 1 meter dikibarkan di bawah laut.

Dalam kegiatan itu, Lanal Saumlaki juga menggandeng sejumlah instansi terkait sebagai penyelam. Delapan orang penyelam itu merupakan gabungan TNI, aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat, ditambah tujuh orang personel pendukung dari Lanal Saumlaki.

Para pengibar bendera Merah Putih di bawah laut ini di pimpin oleh Komandan KAL Pulau Nustual, Kapten Laut (P) Eddie Krisnanto, dan pengibaran tersebut dilaksanakan pada kedalaman enam meter sampai dengan tujuh meter di bawah laut.

Danlanal menyatakan, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut tersebut juga dilaksanakan secara serentak di 77 titik lokasi Nusantara jajaran TNI AL dan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, melalui konferensi video.

“Kegiatan ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, agar memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia dan menguatkan semangat nasionalisme secara serentak,” katanya.

Ia menambahkan upacara tersebut juga di laksanakan sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim di Indonesia untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Untuk para generasi muda Kepulauan Tanimbar, di hari kemerdekaan RI ke-77 ini, tetap semangat, jangan pernah putus asa, meski kita jauh di perbatasan, tetapi tunjukkan bahwa kalian bisa. Kobarkan semangat perjuangan untuk menggapai cita-cita seperti para pejuang yang tetap terus semangat dan tidak pernah putus asa dalam mempertahankan NKRI, meski kala itu dalam keterbatasan," demikian Andi Kristianto.

Baca juga: Kepala Staf TNI AL meresmikan Dermaga Lanal Saumlaki Maluku

Baca juga: TNI AL peringati HUT RI dengan kibarkan bendera di bawah laut

Baca juga: Lanal Saumlaki sisir pulau-pulau kecil cari korban KM Hentri

Baca juga: Pembangunan fasilitas Lanal Saumlaki dilakukan bertahap hingga 2024


 

Pewarta: Simon Lolonlun
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022