Bogor (ANTARA) - Plt Bupati Bogor, Jawa Barat, Iwan Setiawan menyerukan solidaritas untuk menghadapi tantangan krisis global pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Cibinong, Rabu.

"Itulah pentingnya membangun rasa senasib sepenanggungan, solidaritas dan saling mendukung sebagai sesama warga negara Indonesia dalam mengatasi tantangan dan krisis dunia," kata Iwan dalam pidatonya.

Menurutnya, solidaritas semua pihak perlu diwujudkan pada situasi dunia yang sedang bergejolak seperti krisis pangan dan energi, perang, perubahan iklim, serta disrupsi 4.0.

Baca juga: Veteran kemerdekaan jadi tamu kehormatan parade HUT ke-77 RI di Ubud

Selanjutnya, permasalahan lainnya yang juga perlu dihadapi yaitu kemiskinan, kesenjangan, wabah penyakit, kejahatan siber, peredaran gelap narkoba, potensi perpecahan, dan bencana tidak terduga.

Iwan kemudian mengutip perkataan Sutan Syahrir yang menyebutkan bahwa kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir seperti yang dikatakan oleh, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.

Baca juga: Warga Belakangpadang antusias saksikan lomba sampan layar HUT RI

"Untuk itu di momentum peringatan hari kemerdekaan RI ini, saya mengajak kepada semua masyarakat untuk sebesar-besarnya berkontribusi pada kemajuan dan keberlanjutan bangsa, melalui kerja keras, kerja cerdas dan karya-karya produktif," kata Iwan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam pembangunan serta menciptakan suasana kondusif di daerahnya.

Baca juga: TNI-AL Saumlaki sukses kibarkan bendera Merah-Putih di bawah laut

"Dirgahayu Indonesiaku, jayalah terus bangsaku, semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan kita kekuatan untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, serta terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Iwan memberikan secara simbolis penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya, pemberian remisi umum tahun 2022, penghargaan peserta terbaik pada MTQ ke-37 tingkat Provinsi Jabar.

Kemudian menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakapolres Bogor, atas kerjasamanya menangani kegiatan vaksinasi COVID-19 dan kerja sama bersama Forkopimda dalam menjalankan Operasi Ketupat Lodaya tahun 2022. Lalu penyerahan sertifikat penghargaan TJSL tahun 2021, serta penyerahan penghargaan pekerja teladan tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022