Blitar (ANTARA) - Pengurus dan kader Partai NasDem Jawa Timur, ziarah ke makam mantan Presiden Soekarno di lokasi makam Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jatim, memperingati HUT Ke-77 RI sekaligus konsolidasi internal partai.

"Kami berziarah dan mendoakan kepada Sang Proklamator Bung Karno," kata Ketua DPW Partai NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi di Blitar, Rabu.

Ia mengatakan ziarah ini bagian dari menghormati almarhum Presiden pertama RI, sekaligus memperingati HUT Ke-77 RI, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Kegiatan ini juga mengajak seluruh kader partai.

Baca juga: Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka berlangsung lancar

Kakak Jess, sapaan akrabnya menambahkan Partai NasDem ingin menumbuhkan kembali semangat politik kebangsaan, politik yang mengarusutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan kelompok politik, seperti yang selalu disampaikan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Pesan dari pendiri bangsa juga harus dipegang.

"Seperti yang disampaikan Ketua Umum Pak Surya Paloh bahwa, pesan pendiri bangsa ini, Republik Indonesia adalah negara untuk semua, bukan negara untuk satu orang atau satu golongan, tetapi semua untuk semua," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kota Blitar Ferry Y Panese menambahkan bersamaan dengan HUT Ke-77 Republik Indonesia, ia dengan seluruh kader partai di Kota Blitar juga ikut serta dalam ziarah ini, mendoakan Sang Proklamator sekaligus pendiri bangsa.

Pihaknya juga selalu semangat bersama-sama dengan seluruh kader partai untuk bangkit dari pandemi COVID-19. Beragam program telah dibuat.

Selain itu, menjelang Pemilu 2024, ia berharap seluruh kader bertambah solid, sehingga nantinya bisa meraih hasil optimal di Pemilu 2024.

"Kegiatan ziarah ini kami mendoakan para pahlawan dan proklamator Bung Karno. Secara internal kami berharap, kakak-kakak dari NasDem secara keseluruhan lebih bersemangat untuk menghadapi 2024," kata Ferry.

Ziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia itu dihadiri Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur Sri Sajekti Sudjunadi dan pengurus harian DPW Partai NasDem Jawa Timur.

Selain itu, hadir juga pengurus baik jajaran ketua, sekretaris, bendahara DPD dari dapil VI (Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung).

Ziarah dimulai dengan doa bersama lalu menaburkan bersama-sama bunga ke lokasi makam. Setelah ziarah selesai, rombongan lalu meninggalkan lokasi makam. 

Baca juga: Plt Bupati Bogor serukan solidaritas hadapi krisis global pada HUT RI
Baca juga: Gubernur Jambi minta napi yang dapat remisi HUT RI bisa lebih baik
Baca juga: Veteran kemerdekaan jadi tamu kehormatan parade HUT ke-77 RI di Ubud

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022