Walaupun dilaksanakan pada hari kerja, masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias berpartisipasi dalam rangkaian upacara dan ramah tamah,
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Denmark dan Lithuania Dewi Savitri Wahab mengimbau masyarakat dan diaspora Indonesia di negara tersebut untuk terus memperkuat tali persaudaraan.

Pesan itu dia sampaikan dalam acara ramah tamah yang diselenggarakan di KBRI Kopenhagen, Rabu, guna memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Secara umum, rangkaian upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kopenhagen telah berlangsung baik dan lancar. Walaupun dilaksanakan pada hari kerja, masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias berpartisipasi dalam rangkaian upacara dan ramah tamah,” demikian keterangan tertulis KBRI.

Masyarakat dan diaspora yang hadir dalam acara tersebut memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga suasana semakin meriah.

Baca juga: SBY puji pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di KBRI Kuala Lumpur

Acara ramah tamah tersebut dilaksanakan usai upacara bendera memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Upacara yang dimulai pukul 09:00 waktu setempat berlangsung lancar dan khidmat, serta dihadiri oleh sekitar 100 undangan yang terdiri dari masyarakat, pelajar, dan diaspora Indonesia di Denmark, serta kota sekitar seperti Lund dan Malmo, Swedia.

Di samping itu, upacara bendera juga dihadiri oleh sejumlah warga negara Denmark yang memiliki ketertarikan dengan Indonesia.

Upacara bendera memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI diselenggarakan oleh KBRI Kopenhagen pada Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-KBRI Kopenhagen)


Dubes Dewi bertindak sebagai inspektur upacara, sementara petugas upacara merupakan gabungan dari staf KBRI Kopenhagen, perwakilan masyarakat dan diaspora Indonesia, serta para pelajar Indonesia yang berdomisili di Kopenhagen.

Tiga anggota pasukan pengibar bendera KBRI Kopenhagen yaitu Rifqi Zuhdi, Bintang Wildan Setiyoso, dan Putri Logager menjalankan tugasnya dengan baik saat mengibarkan Sang Merah Putih.

Sebagai bagian dari peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, KBRI Kopenhagen selanjutnya akan mengadakan acara Panggung Gembira pada 20 Agustus 2022 dan Resepsi Diplomatik pada 6 September 2022.

Baca juga: Dubes berpakaian adat Tanimbar pimpin upacara HUT RI di Beijing
Baca juga: Dubes kunjungi Monumen Soekarno suarakan kemerdekaan setiap bangsa


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022