Saat ini hubungan RI-RRT semakin kuat yang ditandai dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke RRT untuk bertemu Presiden Xi Jinping
Beijing (ANTARA) - Sejumlah warga negara China perantauan yang pulang ke negaranya pada era 1950-an atau dikenal dengan sebutan kaum Guiqiao turut memeriahkan Panggung Gembira HUT ke-77 RI di Beijing, Rabu, bersama sejumlah warga negara Indonesia lainnya.

Mereka ada yang menari dan menyanyi di panggung berukuran sedang yang dibangun di halaman depan Wisma Duta KBRI Beijing.

Para Guiqiao, baik lak-laki maupun perempuan, menari bersama dengan iringan lagu "Hari yang Indah" atau "Kuai le de Jieri".

Ada juga yang menyanyikan lagu Indonesia berjudul "Madu dan Racun" dan "Katong Naik Perahu".

Baca juga: Dubes kunjungi Monumen Soekarno suarakan kemerdekaan setiap bangsa

Hampir setiap tahun para Guiqiao yang merujuk pada mereka yang pernah merantau ke Indonesia lalu pulang ke China setelah berdirinya Republik Rakyat China (RRC) pada 1949 itu selalu mendapatkan kesempatan tampil di pentas seni 17 Agustusan.

Namun pada momentum HUT RI tahun 2020 dan 2021 mereka absen lantaran pandemi COVID-19.

Panggung Gembira juga diisi oleh anak-anak hasil pernikahan campuran WNI dan warga negara asing dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, seperti "Indonesia Pusaka dan "Tanah Airku".

Tidak ketinggalan para staf KBRI Beijing dan keluarganya juga turut menyemarakkan panggung hiburan yang digelar setelah upacara peringatan HUT RI tersebut.

"Saat ini hubungan RI-RRT semakin kuat yang ditandai dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke RRT untuk bertemu Presiden Xi Jinping," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun saat membuka Panggung Gembira.

Ia berharap acara sejenis pada tahun-tahun berikutnya lebih meriah, seiring dengan segeranya para mahasiswa Indonesia kembali ke Beijing.

Sebelumnya Dubes memimpin upacara HUT RI dengan mengenakan baju adat suku Tanimbar, Maluku.

Atase Angkatan Darat KBRI Beijing Kolonel (Kav) I Gede Masa yang bertindak selaku komandan upacara mengenakan seragam militer lengkap khas TNI Angkatan Darat.

Upacara yang berlangsung mulai pukul 09.00 waktu Beijing (08.00 WIB) tersebut diikuti sekitar 150 orang dari kalangan staf KBRI Beijing dan keluarganya beserta WNI. 

Baca juga: Dubes berpakaian adat Tanimbar pimpin upacara HUT RI di Beijing
Baca juga: Dubes RI imbau WNI dan diaspora di Denmark perkuat persaudaraan

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022