tahun ini sangat luar biasa, kita bisa bangkit
Manokwari (ANTARA) - Komunitas pengendara sepeda motor yang tergabung di Forum Komunikasi Bikers Manokwari (FKBM) gelar pawai merah putih menyusuri jalan di Manokwari, Provinsi Papua Barat, memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua FKBM Auxelius Rettobjaan di Manokwari, Rabu, mengatakan ribuan anggotanya yang terdiri dari berbagai komunitas dan jenis motor mengibarkan bendera Merah Putih yang terpasang di motor.

"Kita keliling jalan kota Manokwari, tidak ada yang terlewatkan kami ingin ikuti memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Sangat senang karena antusias komunitas motor begitu luar biasa," kata dia.

Konvoi merah putih tersebut diikuti berbagai komunitas diantaranya komunitas Vespa, motor sport, dan matik. Bahkan, komunitas mobil juga turut memeriahkan acara tersebut.

Baca juga: Gempita-FKIK Unja peringati HUT Kemerdekaan bersama Suku Anak Dalam
Baca juga: Masyarakat nelayan Padang kibarkan Merah Putih di tengah sungai

Dia juga menyebut, pelaksanaan konvoi bendera merah putih merupakan ekspresi kegembiraan setelah dua tahun terakhir perayaan hari kemerdekaan hanya dilaksanakan secara daring.

"Kami ikut memeriahkan, karena perayaan HUT RI ke 77 tahun ini sangat luar biasa, kita bisa bangkit setelah dihantam badai Pandemi COVID-19," lanjut dia.

Bukan hanya pengibaran merah putih, sejumlah perlombaan yang menjadi ciri khas pelaksanaan HUT RI berupa tarik tambang dan balap karung juga dilaksanakan di area finish di perkantoran Gubernur Papua Barat.

Berbagai lomba dilaksanakan dengan ciri khas komunitas motor yakni wajib menggunakan helm dan masker saat lomba balap karung dan tarik tambang.

"Lomba-lomba yang kita laksanakan juga berbagai lomba 17an, namun diselenggarakan dengan ciri khas kami pemotor wajib menggunakan helm," tandasnya.

Baca juga: Lantamal X-Polda Papua gelar upacara di bawah laut Jayapura

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022