Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga pada hari jadi ini, Indonesia bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) optimistis Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat pada HUT Ke-77 RI.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga pada hari jadi ini, Indonesia bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," kata AHY dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

AHY mendoakan rakyat Indonesia makin sejahtera, makin maju negerinya, dan bersama-sama menyongsong masa depan yang lebih baik.

Menurut dia, harapan dan doa itu merupakan pesan dan aspirasi dari masyarakat Indonesia yang selama ini ditemui di 34 provinsi serta hampir 400 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

AHY mengambil inspirasi dari Jenderal Besar Soedirman dengan melakukan gerilya Nusantara untuk mendatangi masyarakat di tempat mereka masing-masing. Dengan menggunakan aneka kendaraan darat, udara, dan air, AHY mengunjungi masyarakat mulai dari ujung Timur di Aceh hingga ke ujung Barat di Papua.

Dalam rangkaian kunjungannya yang terakhir, AHY disambut riuh para pengungsi korban bencana alam di Sumatera Barat, dikerubungi ribuan warga yang antusias saat hendak berziarah di makam Sunan Kalijaga di Cirebon, Jawa Barat.

Selanjutnya, dielu-elukan ribuan warga desa di Jawa Tengah, mendapat sambutan meriah dari para anak muda di Yogyakarta, berdesak-desakan dengan ribuan warga sambil menjabat tangan mereka saat berziarah di makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, hingga dikerubungi ratusan warga yang menyambutnya saat tiba di Pulau Sumba, NTB.

Dalam perjalanan-perjalanan ini, AHY dengan tekun mencatat aspirasi, harapan, dan keluhan mereka.

"Saya mewakili suara yang ada di luar pemerintahan. Tugas partai politik adalah mendengarkan suara rakyat, menyerap aspirasi mereka untuk disuarakan, baik di parlemen maupun ruang-ruang publik lainnya," kata AHY dalam kesempatan berbeda saat bicara di depan Forum Pemred (5/8).

AHY tercatat sebagai Ketua Umum parpol termuda di antara partai-partai politik yang ada di Senayan.

Dengan perubahan dan perbaikan, dia yakin bangsa Indonesia bisa bersama-sama menyongsong masa depan yang lebih baik.

Baca juga: AHY maknai HUT Ke-77 RI momentum teguhkan komitmen rawat persatuan
Baca juga: AHY akui komunikasi semakin intensif dengan NasDem dan PKS

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022