memberikan perhatian atas jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan
Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan bantuan untuk janda perintis kemerdekaan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah kota karena jasa dari suami yang ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

"Setiap tanggal 17 Agustus kami selalu mengingat bahwa ada jasa para pahlawan yang diberikan kepada kita. Seperti hari ini kita kunjungi Bu Suprihatin. Di Kota Kediri ada tiga namun yang dua ini di luar kota. Kunjungan ini untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga pejuang yang ada di Kota Kediri," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Rabu.

Wali Kota Kediri mengunjungi kediaman Suprihatin (87) di RT 15/ RW 05 Kelurahan Tosaren, Kota Kediri. Suprihatin merupakan salah satu dari tiga janda perintis kemerdekaan yang masih hidup dari Kota Kediri.

Kedatangan Wali Kota Kediri ini juga memberikan tali asih sebagai wujud perhatian Pemerintah Kota Kediri kepada janda perintis kemerdekaan.

Baca juga: Pemprov DKI beri penghargaan keluarga pahlawan
Baca juga: Wakil Ketua MPR salurkan bantuan kepada veteran

Wali Kota mengungkapkan dalam kunjungan ini banyak teladan dari para pejuang yang bisa dilakukan. Sebab dalam kunjungan ini banyak didapat cerita bagaimana pejuang ini berjuang meraih kemerdekaan.

Salah satunya suami Suprihatin yakni Suparno yang telah wafat pada tahun 2000 akibat sakit. Suparno merupakan salah satu perintis kemerdekaan yang lahir sekitar tahun 1924. Suparno tergabung dalam Pembela Tanah Air (PETA).

"Bagi saya pemerintah harus memberikan perhatian atas jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita. Harapannya kita bisa sambung rasa terus dan saya juga sudah janji akan datang ke sini lagi," kata dia.

Wali Kota Kediri juga menjelaskan tugasnya adalah melanjutkan perjuangan dari para pejuang salah satunya dengan menjadikan Kota Kediri lebih baik lagi dalam segala bidang, termasuk dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih atas perjuangan Pak Suparno. Tugas kita semua di sini untuk melanjutkan. Mohon didoakan agar Kota Kediri ini lebih baik ke depannya," ujar dia.

Baca juga: Veteran Tabalong dapat santunan dan kursi roda
Baca juga: Pemprov Kalteng berikan bantuan Rp250 juta kepada veteran

Kedatangan Wali Kota Kediri ini disambut oleh Suprihatin. Ia tak menyangka di HUT ke-77 RI ini mendapat kunjungan dari Wali Kota Kediri.

Sehari-hari, Suprihatin mengisi waktu dengan melakukan pekerjaan rumah, beternak dan bertanam. Suprihatin memiliki 11 anak, yang hidup ada sembilan anak, 27 cucu dan 36 cicit.

"Terima kasih atas kunjungannya. Semoga Kota Kediri semakin maju. Nanti kalau Pak Wali Kota ke sini lagi saya masakkan sayur pepaya," ujarnya.

Turut mendampingi Wali Kota Kediri yakni Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur Budi dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Kediri Ahmad Jainudin. 

Baca juga: Bamsoet bersama Mensos serahkan bantuan bagi para veteran

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022