Beberapa peserta di The Fed mencatat bahwa sektor sensitif suku bunga mulai menunjukkan tanda-tanda perlambatan dan ada risiko pengetatan di mata beberapa peserta
New York (ANTARA) - Dolar AS memangkas kenaikannya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah risalah dari pertemuan Federal Reserve (Fed) Juli menunjukkan bahwa pejabat Fed khawatir bank sentral AS dapat menaikkan suku terlalu jauh sebagai bagian dari komitmennya untuk mengendalikan inflasi.

Sekilas perdebatan yang muncul di bank sentral, "banyak" peserta mencatat risiko bahwa Fed "dapat memperketat sikap kebijakan lebih dari yang diperlukan untuk memulihkan stabilitas harga," fakta yang mereka katakan membuat sensitivitas terhadap data yang masuk semua lebih penting, risalah menunjukkan.

"Beberapa peserta di The Fed mencatat bahwa sektor sensitif suku bunga mulai menunjukkan tanda-tanda perlambatan dan ada risiko pengetatan di mata beberapa peserta," kata Brian Kepala Strategi Valas G10 di NatWest Markets, Daingerfield, di Stamford, Connecticut.

Itu terjadi setelah Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada pertemuan Juli bahwa dampak kenaikan suku bunga Fed hingga saat ini masih terbangun dalam perekonomian, dan tergantung pada bagaimana inflasi merespons dalam beberapa bulan mendatang yang dapat memungkinkan bank sentral untuk mulai memperlambat laju kenaikan suku bunga.

Baca juga: Dolar sedikit berubah, investor tunggu data penjualan dan risalah Fed

"Kombinasi itu menurut saya memberikan sedikit kesan dovish pada risalah terkait dengan apa yang kami dengar dari pejabat FOMC setelah pertemuan tersebut," kata Daingerfield.

Indeks dolar turun ke 106,39 setelah risalah rapat dirilis, sebelum rebound kembali ke 106,55, naik 0,09 persen hari ini.

Besarnya ekspektasi kenaikan suku bunga Fed berikutnya diperkirakan akan bergantung pada inflasi harga konsumen dan data pekerjaan untuk Agustus, yang akan dirilis sebelum pertemuan September.

Peluang kenaikan 75 basis poin pada September turun menjadi 40 persen setelah risalah rapat, dari 52 persen pada Rabu (17/8/2022) pagi, dengan kenaikan 50 basis poin sekarang dilihat sebagai kemungkinan 60 persen.

Baca juga: Harga emas jatuh 13 dolar, perpanjang kerugian 3 hari beruntun

Kondisi keuangan yang lebih longgar karena imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun bertahan di bawah 3,0 persen serta pasar kredit dan saham membaik juga meningkatkan spekulasi bahwa Fed mungkin perlu lebih agresif dalam menaikkan suku bunga untuk membuat sebuah dampak.

Data penjualan ritel pada Rabu (17/8/2022) tampak kuat, membantu mengurangi kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi.

"Semua orang fokus pada - baik, apakah kita akan benar-benar melihat The Fed berada dalam posisi di mana mereka perlu memberikan kenaikan suku bunga yang lebih besar dan dapatkah ekonomi menanganinya, dan saat ini ekonomi sepertinya bisa," kata Analis Pasar Senior OANDA, Edward Moya, di New York.

Euro naik 0,13 persen hari ini terhadap dolar menjadi 1,0185 dolar. Greenback menguat 0,55 persen terhadap yen menjadi 134,97.

Baca juga: Harga minyak naik, dipicu permintaan ekspor yang kuat menguras stok AS

Dolar Australia merosot 1,23 persen karena kekhawatiran tentang permintaan China untuk komoditas termasuk bijih besi mengurangi daya tarik mata uang tersebut.

Dolar Selandia Baru juga turun 0,98 persen, menghapus kenaikan sebelumnya dalam perdagangan yang bergejolak karena kemungkinan aksi ambil untung.

Bank sentral Selandia Baru pada Rabu (17/8/2022) menyampaikan kenaikan suku bunga ketujuh berturut-turut dan mengisyaratkan jalur pengetatan yang lebih hawkish selama beberapa bulan mendatang untuk mengendalikan inflasi yang sangat tinggi, yang secara singkat mendorong mata uang.

Sterling juga memudar setelah lompatan awal pada data yang menunjukkan bahwa inflasi harga konsumen di Inggris naik menjadi 10,1 persen pada Juli, level tertinggi dalam 40 tahun. Pound Inggris terakhir turun 0,34 persen hari ini di 1,2059 dolar.

Baca juga: Mata uang utama bertahan stabil, jelang risalah Fed dan pertemuan RBNZ

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022