Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis.

Hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Selain itu, BMKG mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi peningkatan kecepatan angin di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

BMKG mengemukakan bahwa sirkulasi siklonik dan pembentukan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di bagian wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik di perairan sebelah barat Aceh membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu hingga Sumatera Barat.

Selain itu daerah konvergensi terpantau memanjang di Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah dan utara, Papua Barat, dan Papua.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022