Jakarta (ANTARA) - Volkswagen AG dan Mahindra & Mahindra memperluas kerja sama mereka dan pemahaman kerja di mana produsen mobil Jerman tersebut akan memasok komponen listrik ke rekan mereka di India.

Perjanjian tersebut mencakup platform terbuka Volkswagen untuk kendaraan listrik, yang disebut MEB, yang akan dipasok ke platform listrik baru Mahindra INGLO, kata perusahaan tersebut, dikutip dari Reuters, Kamis.

Platform INGLO, yang akan memberi daya pada semua kendaraan listrik Mahindra, menawarkan opsi mulai dari kapasitas baterai 60-80 kilowatt hour (kWh) dan pengisian cepat hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit, kata Mahindra, tanpa menentukan jangkauan kendaraan listrik.

Tata Motors, yang saat ini mendominasi pasar kendaraan listrik India, mengatakan Nexon EV 40,5 kWh menawarkan jangkauan 437 kilometer.

Kerja sama ini bertujuan untuk volume lebih dari 1 juta kendaraan pada tahun 2030 dan mencakup peralatan lima kendaraan sport listrik (SUV) berdasarkan INGLO, kata perusahaan tersebut.

"Kemitraan ini tidak hanya menunjukkan bahwa platform bisnis kami sangat kompetitif, tetapi juga bahwa MEB berada di jalur yang tepat untuk menjadi salah satu platform terbuka terkemuka untuk e-mobilitas," kata anggota dewan manajemen Volkswagen, Thomas Schmall.

Schmall menolak untuk memberikan angka pasti tetapi mengatakan bahwa perjanjian tersebut akan diterjemahkan ke dalam hasil operasi yang signifikan yang menurutnya akan sebanding dengan merek menengah dalam grup Volkswagen.

Volkswagen dan Mahindra pada bulan Mei mengatakan mereka sedang menjajaki kemitraan dalam penyediaan komponen listrik, menjadikan Mahindra sebagai pelanggan besar kedua untuk platform MEB setelah Ford.

Mereka mengatakan pada saat itu mereka akan menyelesaikan kesepakatan pada akhir 2022.

Mahindra mengatakan mereka mengharapkan model listrik untuk membuat antara 20 persen dan 30 persen dari total penjualan SUV pada Maret 2027. Perusahaan menjual beberapa SUV mesin pembakaran paling populer di India, termasuk Scorpio dan Thar.



Baca juga: Mahindra terbuka untuk investasi produksi sel baterai EV

Baca juga: BII akan investasi pada Mahindra EV dengan valuasi Rp136 triliun

Baca juga: CEO: Mahindra eksplorasi lebih banyak kemitraan untuk komponen EV
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022