Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Caracas mengajak para anggota Friends of Indonesia di Venezuela untuk turut merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Venezuela.

Friends of Indonesia merupakan organisasi inklusif yang terdiri dari diaspora dan sahabat Indonesia yang memperkenalkan, mempromosikan dan menampilkan Indonesia di berbagai negara.

"Walaupun Venezuela terletak jauh di belahan dunia lainnya, namun kami pastikan lagu 'Indonesia Raya' tetap berkumandang," kata Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono dalam keterangan KBRI Caracas pada Kamis.

Selain itu, kata dia, perayaan 17 Agustus 2022 di Venezuela juga diselenggarakan secara meriah bersama para sahabat Indonesia untuk menghormati jasa para pahlawan RI.

KBRI Caracas menggelar perayaan HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8) di Caracas yang memiliki perbedaan waktu sekitar 11 jam dengan Indonesia.

Selain upacara bendera, peringatan HUT RI itu juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan paduan suara dan drumben (marching band) yang dibawakan oleh anggota Friends of Indonesia di Caracas.

Paduan suara yang ditampilkan pada kegiatan itu beranggotakan murid-murid kelas Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Caracas setiap tahun.

Lagu-lagu yang ditampilkan pun adalah lagu-lagu nasional Indonesia, seperti Garuda Pancasila dan Hari Merdeka, kata KBRI Caracas.

Sedangkan penampilan drumben dibawakan oleh sekitar 40 warga Venezuela yang merupakan bagian dari Fundación Banda Show Francisco de Miranda.

Drumben tersebut menjadi salah satu yang terbaik di Venezuela, kata KBRI.

Pada 28 Oktober 2022, drumben itu akan menjadi tuan rumah Kompetisi Nasional Marching Band se-Venezuela yang diselenggarakan bersama dengan KBRI Caracas.

Indonesia dan Venezuela telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1993. Selama ini, berbagai promosi kebudayaan untuk meningkatkan citra Indonesia di Venezuela terus dilakukan oleh KBRI Caracas.

Baca juga: KBRI Caracas gelar kursus Bahasa Indonesia bagi 55 warga Venezuela
Baca juga: KBRI adakan temu bisnis untuk tingkatkan hubungan dagang RI-Venezuela

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022