Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto orang-orang antre di pusat perbelanjaan diunggah akun Facebook pada 12 Agustus 2022.

Orang-orang yang diklaim berjumlah ratusan itu disebut rela antre demi membeli perangkat pendingin udara (air conditioner/AC) mini.

Akun pengunggah itu juga mengklaim lokasi antrean orang beli AC berada di Plaza Senayan, Jakarta. Sebanyak 29 pengguna lain Facebook telah menyukai unggahan itu.

Berikut narasi yang disematkan pada unggahan tersebut:
“Luar biasa!! Ratusan orang mengantre di Plaza Senayan untuk membeli AC mini dengan diskon besar 40% dan Beli 1 Gratis 1.”

Lantas apakah benar telah terdapat antrean yang mencapai ratusan orang di Jakarta hanya demi membeli pendingin udara?
 
Unggahan hoaks yang mengklaim ratusan orang mengantre demi membeli "AC" di Jakarta. Faktanya, antrean itu merupakan peristiwa yang terjadi di Ho Chi Minh, Vietnam, pada 2015. (Facebook)


Penjelasan:
Klaim ratusan orang mengantre di pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan demi membeli pendingin udara itu merupakan konten menyesatkan dan salah.

Faktanya, orang-orang yang mengantre itu bukanlah peristiwa yang terjadi di pusat perbelanjaan di Jakarta.

Mereka yang mengantre berada di Crescent Mall, Ho Chi Minh City, Vietnam pada 2015. Mereka mengikuti kegiatan promosi di pusat perbelanjaan itu pada tengah malam (midnight sale).

Foto-foto sebagaimana terdapat pada unggahan Facebook itu juga dimuat di situs resmi Crescent Mall, bersama foto-foto lain di kegiatan promosi Midnight Sale pada 2015.

Maka, klaim terdapat ratusan orang mengantre hanya demi membeli "AC" di Jakarta merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Ratusan orang antre demi beli "AC"
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Jamur AC bisa langsung bunuh manusia? Ini penjelasannya

Baca juga: Kemudahan parkir bisa tingkatkan kunjungan ke mal

Baca juga: Menteri Erick: Pemugaran Sarinah pulihkan sejarah Indonesia

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022