Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Para teknisi Ukraina di PLTN Zaporizhzhia bekerja di bawah todongan senjata Rusia dan menghadapi tekanan sangat besar, tetapi mereka mengatakan masih berada di sana untuk memastikan tak ada bencana nuklir seperti Chernobyl, kata salah satu dari mereka. PLTN itu dikuasai pasukan Rusia dan baru-baru ini terkena serangan artileri.

* Pasukan Ukraina mengatakan mereka telah membalas serangan Rusia di wilayah Kherson, Ukraina selatan.

* Bombardemen Rusia di sebuah kawasan permukiman di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, pada Rabu malam menewaskan tujuh orang dan melukai 16 lainnya, kata Dinas Kedaruratan Ukraina.

* Pasukan Ukraina menewaskan 29 orang "penjajah" dan menghancurkan artileri, kendaraan lapis baja dan depot penyimpanan militer, kata Komando Operasi distrik selatan angkatan bersenjata Ukraina.

Baca juga: Sekjen PBB akan bertemu Zelenskyy dan Erdogan di Ukraina

* Armada kapal Laut Hitam Rusia di wilayah pendudukan Krimea telah menunjuk komandan baru, menurut kantor berita RIA pada Rabu, setelah pangkalan militer Rusia di semenanjung itu diguncang sejumlah ledakan dalam sembilan hari terakhir.

* Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Lviv, Ukraina barat, untuk membahas situasi di PLTN Zaporizhzhia dan mencari solusi politik bagi konflik Rusia-Ukraina, kata seorang juru bicara.

* Tiga kapal tambahan pengangkut biji-bijian meninggalkan pelabuhan-pelabuhan Ukraina di Laut Hitam, kata kelompok pemantau, sehingga jumlah kapal yang telah dikerahkan menurut kesepakatan ekspor yang ditengahi PBB menjadi 24.

* Rusia memperkirakan harga rata-rata gasnya untuk kebutuhan ekspor akan meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini menjadi 730 dolar AS (Rp10,83 juta) per 1.000 meter kubik, menurut kementerian ekonomi negara itu.

* Energoatom mengatakan para peretas asal Rusia melakukan serangan siber selama tiga jam terhadap situs web perusahaan listrik tenaga nuklir Ukraina itu, tetapi tidak menimbulkan masalah yang serius.

Sumber: Reuters

Baca juga: Badan atom bisa periksa PLTN Ukraina, Rusia peringatkan bahayanya
Baca juga: Selandia Baru kirim 120 tentara ke Inggris latih pasukan Ukraina

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022