Jakarta (ANTARA) - Kekalahan Rafael Nadal pada pertandingan comeback-nya Rabu di Cincinnati Masters membuat petenis Spanyol itu ketinggalan dalam memburu peringkat teratas ATP.

Nadal kalah 6-7 (11/9), 6-4, 3-6 pada putaran kedua oleh petenis Kroasia Borna Coric, mengakhiri harapannya untuk mengambil alih posisi Daniil Medvedev dari peringkat satu dunia.

Unggulan teratas Medvedev, yang bermain pada Kamis untuk meraih tempat pada perempat final melawan Denis Shapovalov, dapat memperketat genggamannya pada posisi puncak sekarang menjelang US Open.

Peringkat ketiga dunia Nadal diguncang oleh kekalahannya itu setelah enam minggu absen saat ia menyembuhkan cedera otot perut yang memaksanya mundur dari semifinal Wimbledon melawan Nick Kyrgios.

Baca juga: Nadal kalah dari Coric di Cincinnati Masters

Sekarang Nadal akan menuju US Open, yang dimulai pada 29 Agustus di New York, dengan hanya satu pertandingan lapangan keras musim panas.

"Untuk New York, ini adalah Grand Slam, turnamen yang berbeda," kata Nadal seperti dilansir AFP.

"Saya hanya bisa bermain dua set sebelum pertandingan ini dalam 40 hari terakhir.

"Saya tahu bahwa untuk mendapatkan kondisi. Saya harus (berada) dalam tur berlatih dengan teman-teman (pemain lain)."

Petenis Spanyol berusia 36 tahun dengan 22 gelar Grand Slam itu mengatakan dia berharap bisa mendapat energi dari penggemar di US Open, tempat Nadal memenangi gelar pada 2010, 2013, 2017 dan 2019.

"Ada energi yang diberikan penonton kepada saya di New York. Ini adalah tempat yang sangat spesial bagi saya," kata Nadal.

"Saya memiliki momen tak terlupakan di sana dan saya akan berusaha yang terbaik setiap hari untuk siap menghadapinya."

Baca juga: Venus Williams dan Dominic Thiem dapat wildcard US Open 2022
Baca juga: Nadal utamakan kesehatan di atas kesuksesan di Cincinnati Masters

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022