Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia stabil dan saham datar pada perdagangan Kamis, karena kurang momentum baru dalam perdagangan musim panas, sementara harga obligasi naik tipis setelah data inflasi mendukung ekspektasi untuk penurunan suku bunga lagi oleh bank sentral.

Pada pukul 07.59 GMT, rubel sedikit berubah di 60,77 terhadap dolar dan turun 0,2 persen pada 61,78 terhadap euro.

Didukung oleh kontrol modal, rubel menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini dan diperkirakan akan segera mendapatkan lebih banyak dukungan dari pembayaran pajak akhir bulan yang biasanya mendorong eksportir untuk mengkonversi sebagian dari pendapatan mata uang asing mereka.

Volatilitas rubel telah mereda setelah ayunan liar yang melihatnya mencapai rekor terendah 121,53 terhadap dolar di Bursa Moskow pada Maret, beberapa hari setelah Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari, dan kemudian reli ke tertinggi tujuh tahun di 50,01 pada Juni.

Di pasar obligasi, imbal hasil obligasi pemerintah OFZ dua tahun, yang bergerak terbalik dengan harganya, turun menjadi 8,90 persen dari penutupan Rabu (17/8/2022) di 9,01 persen, setelah data menunjukkan harga konsumen di Rusia turun untuk minggu keenam berturut-turut.

"Jika tren ini tidak berbalik pada September, kita mungkin melihat penurunan suku bunga lebih lanjut pada pertemuan bank sentral Rusia berikutnya," kata BCS Global Markets dalam sebuah catatan.

Bank sentral terakhir memangkas suku bunga utamanya menjadi 8,0 persen pada Juli dan mengatakan akan mempelajari perlunya lebih banyak pemotongan karena inflasi melambat dan kontraksi ekonomi berlanjut lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Pemotongan suku bunga mendorong harga obligasi dan mengurangi tekanan naik pada rubel dengan membuat simpanan menjadi kurang menarik, sambil mendukung pasar saham karena investor mencari lebih banyak aset berimbal hasil tinggi untuk memarkir dana mereka.

Indeks RTS dalam denominasi dolar melemah 0,05 persen menjadi diperdagangkan di 1.135,9 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel menguat 0,1 persen menjadi diperdagangkan pada 2.190,8 poin.

"Pasar Rusia masih bergerak dalam tren menyamping tanpa penggerak untuk pembalikan tren yang terlihat," kata BCS Global Markets.

Baca juga: Rubel menguat ke tertinggi satu minggu terhadap euro, saham Rusia naik

Baca juga: Rubel stabil dekat 60 per dolar AS, saham Rusia coba pemulihan ringan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022