Jangan sampai bubar
Jakarta (ANTARA) - Grup musik punk rock Superman Is Dead (disingkat SID) pada Kamis memperingati hari yang ke-27, mengatakan salah satu resep untuk tetap berkarya bersama dalam kurun waktu yang lama adalah komitmen untuk bertahan atau tidak bubar sebagai sebuah band.

“Tips-tips kami untuk tetap bersama adalah kami tidak bubar. Jangan sampai bubar,” kata bassis Eka Rock saat media gathering dari Bali yang diikuti secara virtual pada Kamis.

Penabuh drum, Jerinx menambahkan bahwa jawaban tersebut mungkin agak terdengar naif, namun untuk mencapai pada level ‘jangan sampai bubar’ memerlukan kompromi yang tinggi antar-individu.

Baca juga: SID kampanye di konser Satu Indonesia

Baca juga: Ditegur Jerinx, Via Vallen cuek


Bagi ketiga personel, penting untuk memiliki sikap mengesampingkan ego pribadi serta menghormati satu sama lain sehingga personel SID tetap bersama dan tidak pernah ganti-ganti personel.

Beruntungnya, imbuh Jerinx, ketiganya jarang berjumpa sejak tahun 2006, setelah album “Black Market Love” dirilis, karena memiliki kehidupan pribadi masing-masing seperti memiliki keluarga hingga menjalankan bisnis sendiri. Hal tersebut, kata Jerinx, justru menjadi sesuatu yang baik bagi mereka untuk menjaga kekompakan band.

“Karena jika terlalu sering bertemu tiap hari itu ada yang namanya cabin fever, itu seperti kalau Anda terjebak dengan orang-orang yang sama selama beberapa bulan setiap hari, pasti akan ada perpecahan, akan terjadi konflik. Dan di SID hampir tidak pernah terjadi,” katanya.

Walau mereka tidak sering bertemu, Bobby mengaku ketiganya tetap menemukan momen yang menyenangkan justru ketika bertemu kembali untuk membahas karya dan konsep baru. Sementara bagi Eka, kekompakan SID sudah terasa seperti keluarga sendiri.

Menurut Jerinx, usia SID yang memasuki tahun ke-27 terasa seperti lahir kembali. Apalagi mereka juga sudah menyiapkan sejumlah karya baru yang dibuat sejak pandemi, seperti karya yang direkam Jerinx selama berada di dalam penjara.

“Sejak pandemi ini kami banyak banget mendapatkan inspirasi, bagaimana psikologi manusia, bagaimana tentang sifat-sifat asli manusia yang sebenarnya, bagaimana sifat teman-teman kita yang selama ini kita anggap teman. Itu sangat memberi banyak referensi untuk bahan lirik,” tuturnya.

Selama 27 tahun berkarier di SID, Jerinx mengucapkan terima kasih terutama atas dukungan produser musik Jan Djuhana yang “menemukan” band itu dan membuka pintu masuk untuk bergabung dengan label besar yang selama 13 tahun menaungi mereka yaitu Sony Music Indonesia.

Bahkan jika bukan karena Jan, imbuh Jerinx, lagu “Punk Hari Ini” mungkin tidak akan menjadi seikonik seperti sekarang sebab Jan-lah yang memilih lagu tersebut sebagai rilisan pertama SID dari album “Kuta Rock City” (2003).

“Lagu itu memang ada power-nya. Telinga pak Jan itu memang dibutuhkan. Telinga-telinga orang yang visioner seperti Pak Jan-lah untuk tahu,” tuturnya.

Jan, yang juga hadir secara virtual pada Kamis, berharap agar SID tetap menjaga kekompakan hingga berpuluh tahun mendatang. Ia mengaku kagum atas pencapaian SID yang memasuki usia 27 tahun.

“Menyatukan tiga hati itu tidak gampang, tapi ternyata kalian bisa melakukan itu sampai di ulang tahun ke-27 itu. Saya berharap kalian bisa ulang tahun ke-30, nanti 40 dan 50, seperti band-band yang pernah ada di dunia, seperti Rolling Stone yang tetap kompak,” ujar Jan.

Pada tahun ini, kontrak kerja sama antara SID dan Sony Music berakhir. Grup band yang berbasis di Bali itu memutuskan untuk kembali independen dan berencana untuk membuat manajemen sendiri. Karya terakhir bersama Sony Music hadir dalam bentuk video klip berjudul “Tentang Tiga” yang rencananya akan dirilis dalam waktu dekat melalui saluran YouTube SID.

Baca juga: Superman Is Dead kembali independen mulai tahun ini

Baca juga: Jerinx SID bebas dari Lapas Kerobokan dengan status cuti bersyarat

Baca juga: Jrx SID bersiap terima vaksin COVID-19

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022