Jakarta (ANTARA) - Raena, platform reseller dan dropshipper produk kecantikan, terus melakukan berbagai upaya agar brand, reseller, dan dropshipper, dapat terus mengembangkan bisnis mereka, salah satunya dengan menjalankan model bisnis distributor eksklusif.

"Kenapa eksklusif ini penting bagi kami? Karena dengan begitu akan menguntungkan, kita bisa mengkurasi sendiri brand yang akan masuk ke Raena. Ada seleksi yang ketat juga untuk itu," kata AVP Strategy Raena Gaurav Prajapati saat bertemu media di Jakarta, Kamis.

Adapun kriteria yang menjadi pertimbangan Raena untuk bekerja sama secara eksklusif dengan brand, kata Gaurav, di antaranya kualitas produk yang baik, harga yang sesuai dengan kualitas, ulasan brand secara internasional, hingga kemampuannya dalam mengisi kesenjangan pasar.

Misalnya, saat memutuskan menjalin kerja sama dengan brand skincare Korea Selatan Glutanex, Gaurav mengatakan pihaknya melihat kandungan glutathione yang terdapat dalam produk Glutanex merupakan bahan yang sedang tren di media sosial. Namun, ketersediaan skincare dengan glutathione masih belum banyak.

"Kami memulai kemitraan dengan Glutanex sejak awal 2022. Saat itu kami melihat glutathione adalah bahan yang sedang tren. 196 juta orang di seluruh dunia menonton konten terkait glutathione di TikTok," ujar Gaurav.

"Sebagai merek dengan bahan utama glutathione medical grade, kami melihat Glutanex memiliki brand value yang kuat dan mampu mengisi celah pasar di Indonesia," lanjutnya.

Dengan seleksi yang ketat itu, Gaurav mengatakan, Raena dapat mewujudkan visi untuk menyediakan beragam produk berkualitas kepada jaringan reseller yang mereka miliki.

Sementara untuk reseller dan dropshipper, Raena mengadakan pelatihan. Melalui Bimbel Raena, calon reseller dan dropshipper akan mendapatkan pelatihan bisnis mulai dari rekomendasi produk, cara menentukan harga, cara menaikkan traffic produk, cara menjalankan iklan, hingga cara menghadapi lonjakan permintaan.

"Pelatihan ini gratis. Bimbel Raena adalah pelatihan yang spesifik pada bagaimana caranya berjualan. Bagaimana caranya berjualan di TikTok Shop, di Shopee, di Instagram, bagaimana membuat konten, bagaimana memahami bahwa review konsumen akan berdampak pada penjualan," tambah Gaurav.

Gaurav juga mengatakan bahwa untuk menjadi reseller dan dropshipper di Raena, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

"Bersama Raena, Anda bisa memulai bisnis dengan zero investment," tegasnya.

Diluncurkan pada 2020, Raena kini telah memiliki lebih dari 300 ribu pengguna dan lebih dari 250 merek kecantikan global dan lokal, serta secara eksklusif mendistribusikan sembilan merek global berkualitas tinggi.

Baca juga: Produk "skincare" Glutanex kini tersedia di Watsons

Baca juga: RAENA gandeng Irish Bella gali potensi "beautypreneurs"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022