Jakarta (ANTARA) - Ahli nutrisi dari Herbalife Nutrition Dr Rimbawan menyebut konsumsi protein tinggi dapat mengatasi obesitas visceral atau penumpukan lemak berlebih di tubuh khususnya di bagian yang tersembunyi.

“Lemak berfungsi sebagai sumber energi, membentuk struktur sel, membantu penyerapan vitamin yang larut lemak, membantu perkembangan otak dan fungsi otak, dan bahkan beberapa jenis dapat menjaga kesehatan jantung,” ujar Rimbawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, setiap kali mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dikeluarkan, maka akan terkumpul sebagai lemak. Lemak disimpan dalam tubuh pada jaringan adiposa dalam bentuk trigliserida. Semua jenis lemak kecuali kolesterol dapat digunakan sebagai energi.

Baca juga: Kemenkes sebut koordinasi lintas sektor penting tekan angka obesitas

“Namun, lemak visceral, yang tersembunyi di dekat hati, pankreas, usus, ginjal, dan lainnya, merupakan yang paling berbahaya bagi kesehatan,” kata dia.

Jika lemak tersebut berlebih, kata dia, akan menyebabkan obesitas visceral, yang memiliki dampak pada pembentukan batu kandung empedu, hati berlemak, gangguan tidur, perubahan memori karena usia dan bahkan beberapa kanker.

“Kondisi ini juga dapat muncul karena alasan lain, sehingga mengatasi obesitas tidak serta merta mengurangi atau menghilangkan risiko kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Tak sediakan gorengan saat rapat, dukung pengendalian obesitas

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di antaranya olahraga aerobik dan anaerobik secara teratur, termasuk berjalan, menari, berenang, dan bersepeda sesering mungkin.

Kemudian peningkatan konsumsi protein bernilai tinggi (kedelai, telur, dan daging tanpa lemak). Selanjutnya konsumsi sumber serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik dengan sifat antioksidan dalam makanan sehari-hari.

“Karbohidrat yang baik, yang memiliki indeks glikemik rendah, juga sangat penting,” kata dia.

Baca juga: Bappenas dorong strategi pencegahan obesitas

Selanjutnya, hindari kelebihan kalori dari gula sederhana, minuman dengan pemanis gula, dan makanan berlemak. "Kemudian mengelola stres dan tidur yang cukup juga baik untuk melawan obesitas visceral," katanya.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022