Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyatakan bahwa masyarakat masih menerapkan protokol kesehatan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Dalam konferensi pers Satgas Penanganan COVID-19 secara virtual diikuti dari Jakarta, Kamis, Wiku mengatakan pemantauan memperlihatkan acara perayaan dan peringatan HUT ke-77 RI lancar dengan mayoritas masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat masih menerapkan protokol kesehatan meskipun ada beberapa yang terpantau tidak menggunakan masker," kata Wiku.

Baca juga: Satgas: Kesadaran prokes pengelola ruang publik alami penurunan

Dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia, Wiku mendorong semua lapisan masyarakat untuk menyongsong perubahan lebih baik dengan menggerakkan segala sektor di masa pemulihan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Secara khusus dia mengajak agar momen HUT ke-77 RI untuk meningkatkan kesadaran pribadi dan semangat gotong royong dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru hidup berdampingan dengan COVID-19.

Dalam peringatan kemerdekaan tahun ini, dia menyoroti bahwa kondisi penganan COVID-19 di Indonesia pada tahun ini memperlihatkan perbaikan signifikan dibandingkan periode serupa pada 2021.

"Indonesia terus menunjukkan perbaikan dalam jumlah kasus dan penanganan COVID-19 hingga saat ini," tutur Wiku yang juga Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19.

Membandingkan 17 Agustus 2021 dengan periode sama tahun ini, Wiku mengatakan telah terjadi penurunan kasus harian dari sekitar 11.000 orang pada 2021 menjadi 5.000 orang untuk tahun ini.

Baca juga: Satgas: HUT ke-77 RI momentum perkuat prokes lindungi sesama

Baca juga: Menkes ajak masyarakat beri hadiah HUT RI dengan penerapan prokes


Selain itu, terjadi penurunan kasus kematian. Dari sekitar 220 kematian per hari pada 2021 menjadi 19 kematian harian dalam periode yang sama tahun ini.

Dilihat dari beberapa indikator tersebut, kata Wiku, bisa dikatakan terdapat perkembangan signifikan ke arah lebih baik dalam penanganan dan perkembangan kasus COVID-19.

"Terlihat juga kegiatan upacara kemerdekaan dan perayaan lomba-lomba 17-an yang kembali banyak dimeriahkan oleh masyarakat menandakan kita telah berhasil bangkit dari pandemi ini," kata Wiku Adisasmito.
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022